Sukses

Gempa Magnitudo 5,1 Getarkan Toli-Toli

BMKG mencatat, hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi terjadi di wilayah Toli-Toli, Sulawesi Tengah pada Selasa (31/12/2019) sekira pukul 12.18 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,1.

"Episenter gempa terletak pada koordinat 1.27 Lintang Utara dan 120.79 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 43 kilometer arah timur Toli-Toli, Sulawesi Tengah pada kedalaman 66 kilometer," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulisnya, Selasa (31/12/2019).

Dia menjelaskan, gempa tersebut merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng yang menunjam ke bawah lengan utara Pulau Sulawesi.

"Warga di Toli-Toli dan Buol dilaporkan sempat lari berhamburan ke luar rumah karena terkajut akibat adanya guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba," ucapnya.

Meski begitu, menurut Daryono, hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

"Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tegas Daryono.

Hingga pukul 12.41 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Bumi