Libur Tahun Baru, Polisi Siaga Jaga Tempat Wisata di Ibu Kota

Oleh Fachrur Rozie pada 31 Des 2019, 13:23 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 13:23 WIB
Jumpa Pers Akhir Tahun 2019 Polda Metro Jaya
Perbesar
Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono menyampaikan keterangan saat Jumpa Pers Akhir Tahun 2019 Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat(27/12/2019). Dalam jumpa pers, Kapolda Metro menyampaikan sejumlah aduan dari masyarakat hingga pengungkapan kasus sepanjang 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Komjen Gatot Eddy Pramono menyiapkan, 10 ribu personel gabungan untuk mengamankan malam Tahun Baru 2020. Gatot menyebut, personel gabungan akan mengamankan titik-titik yang menjadi pusat keramaian di Ibu Kota.

"Kemudian ada kegiatan keramaian malam hari yang nanti akan dilaksanakan, satu di Ancol. Di sana ada tiga titik untuk kembang apinya, kemudian ada di Bundaran HI sampai dengan Monas, di situ nanti ada lima titik, semuanya kita sudah siapkan pengamannya," ujar Gatot di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

"Kemudian juga di car free night, kita juga sudah siapkan pengamanannya. Kemudian di Taman Mini juga sudah kita siapkan, juga di beberapa tempat-tempat keramaian dan kegiatan," Gatot menambahkan.

Tak hanya di malam tahun baru, Gatot menyebut, personel gabungan juga akan mengamankan masyarakat yang ingin berlibur tepat pada 1 Januari 2020.

"Termasuk besok harinya. Besok hari itu biasanya banyak di Ancol, Ragunan, dan Taman Mini sudahi kita siapkan (pengamanan)," kata Gatot.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Rekayasa Lalin Satu Arah di Jakarta Pusat
Perbesar
Petugas Dishub mengatur arus lalu lintas saat diberlakukan uji cobaSistem Satu Arah (SSA) di Jalan Margono Djoyohadikoesoemo, Jakarta, Sabtu (15/12/2019). Uji coba terkait adanya pembangunan stasiun LRT Jabodebek dan program Naturalisasi Kanal Banjir Barat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan merekayasa sejumlah arus lalu lintas di jalanan Ibu Kota berkaitan dengan penyelenggaraaan kegiatan Jakarta Car Free Night oleh Pemprov DKI Jakarta saat malam perayaan tahun baru.

Berdasarkan informasi melalui akun twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019), pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi. Berikut penejelasannya.

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira.

4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput.

7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya.

8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran.

9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir.

12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja.

13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓