Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute Jelang Tahun Baru

Oleh Liputan6.com pada 31 Des 2019, 12:02 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 12:02 WIB
Penumpang Transjakarta
Perbesar
Calon penumpang menunggu bus Transjakarta di halte Tosari, MH Thamrin, Jakarta, Kamis (26/7). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim jumlah penumpang Transjakarta meningkat hingga 10 persen. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan tahun baru, PT TransJakarta memberlakukan pengalihan rute Transjakarta. Pengalihan mulai diberlakukan pukul 19.00 WIB, Selasa (31/12/2019) hingga Rabu 1 Januari dini hari.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta Achmad Izzul Waro mengatakan pengalihan khususnya diberlakukan bagi rute yang melintasi Jalan Sudirman-Thamrin. Sebab, pada pukul 19.00 WIB kendaraan dilarang melintas sepanjang jalan itu.

"Jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup karena Car Free Night," ujar Achmad, Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, armada untuk malam tahun baru juga akan ditambah. Dari biasanya berjumlah 55 unit menjadi 128 unit armada. Jumlah ini dikatakan Achmad berdasarkan prediksi dari PT TransJakarta dan masukan masyarakat.

"Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah 3 kali lipat lebih selama pergantian tahun baru," kata Achmad soal Transjakarta.

 

2 dari 2 halaman

Berikut skema pengalihan rute Transjakarta pada malam tahun baru 2020:

Kurang Disiplin, Mobil dan Sepeda Motor Masuk Jalur Transjakarta
Perbesar
Sejumlah sepeda motor melintas di jalur Transjakarta di Jalan Galunggung, Jakarta, Kamis (7/2). Pelanggaran lalu lintas tersebut disebabkan kurangnya disiplin dan kepatuhan hukum dari pengguna jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

1. Koridor 1 (Blok M-Kota) dibagi menjadi 3 skema:a. Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Semanggi-Blok M (PP).

b. Poros Blok M: Blok M-Gelora Bung Karno-Putar Semanggi (PP).

c. Poros Kota: Kota-Harmoni-Monas-Putar Patung Kuda (PP).

2. Koridor 4 (Pulogadung-Tosari ICBC): Pulogadung 2-Dukuh Atas (Land Mark) - putar balik Land Mark (PP).

Sementara penambahan armada diterapkan di 11 koridor TransJakarta dan rute 2C (Monas-JIExpo), 5H (Harmoni-Ancol), 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika).

Untuk rute S12 (BSD-St.Fatmawati), dan S31 (Bintaro-St.Fatmawati) juga ditambah menjadi 8 armada yang beroperasi hingga pukul 03.00 WIB.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓