Transjakarta Siapkan 183 Armada pada Malam Perayaan Tahun Baru 2020

Oleh Liputan6.com pada 31 Des 2019, 09:05 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 09:05 WIB
Wajah Baru Bus Transjakarta Zhong Tong
Perbesar
Bus Transjakarta Zhong Tong terparkir di Depo PPD F Klender, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Kembali beroperasinya bus Transjakarta Zhong Tong menuai kontroversi setelah dilarang di masa mantan Gubernur DKI Basuki T Purnama lantaran pernah terbakar dan mogok. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meyiapkan sebanyak 183 Armada Malam Hari (Amari) untuk melayanani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020 mengantisipasi lonjakan penumpang yang merayakan pergantian tahun di Ibu Kota.

"Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah tiga kali lipat lebih selama pergantian tahun baru," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro di Plaza Indonesia, Senin (30/12/2019).

Penambahan armada itu akan diterapkan di seluruh koridor selain koridor 11 dan 12 yang tidak memiliki banyak peminat.

Penambahan juga dilakukan di rute 2C (Monas-JIExpo), rute 5H (Harmoni- Ancol), rute 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika), rute S12 (BSD- St Fatmawati), dan rute S31 (Bintaro- St Fatmawati).

Penambahan armada tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin merayakan pergantian malam tahun baru di pusat Ibu Kota.

Selain itu, terkait pelaksanaan perayaan tahun baru yang mengakibatkan penutupan jalan diadakan juga perubahan rute untuk Koridor 1.

Pengalihan Rute

Skema pertama, rute koridor 1 akan dialihkan Kota-Harmoni-Tomang-Kor9-BlokM (PP).

Kedua, untuk arah dari Blok M, koridor 1 akan dialihkan dari Blok M-GBK-Semanggi (PP).

Ketiga, untuk arah dari Kota, koridor 1 akan dialihkan dari Kota-Harmoni-Monas-Patung Kuda (PP).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓