Sukses

Pemerintah Berniat Buat Jaringan Telekomunikasi Sendiri

Johnny menegaskan, wacana membangun jaringan telekomunikasi sendiri ini masuk dalam rencana jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mewacanakan untuk membangun jaringan telekomunikasi sendiri, khususnya yang menyangkut keamanan dan pertahanan negara, serta pelayanan publik.

Hal ini terungkap usai rapat koordinasi terbatas antara Menko Polhukam Mahfud Md, dengan Menkominfo Johnny G Plate, Kepala BSSN Hinsa Siburian, serta beberapa jajaran Kementerian Pertahanan.

"Pertemuan koordinasi ada dari Menko (Polhukam), Departemen Pertahanan, Kominfo, BSSN terkait jaringan telekomunikasi kita. Bagaimana jaringan aman untuk keperluan taktikal, jaringan aman untuk keperluan operasional di luar dari sistem yang sudah ada," kata Plate di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dia menegaskan, wacana membangun jaringan telekomunikasi sendiri ini masuk dalam rencana jangka panjang. Sehingga belum bisa diterapkan dengan cepat.

"Belum, ini baru diskusi tahap pertama, sudah ingin hasil. Masih disusun perencanaannya. Karena ini satu yang sangat jangka panjang dan strategis," jelas Plate.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Penelitian

Menurut dia, hal ini perlu penelitian, koordinasi dengan kementerian dan lembaga, dan menjadi bagian dari kebijakan pemerintah atau dibuat dulu aturannya.

"Apakah itu dalam RPJMN atau bentuk program-program lainnya. Karena ini ada dua, yang satu terkait dengan pertahanan dan keamanan, dan yang satu terkait pelayanan pemerintah dan operasional," ungkap politisi NasDem ini.

Dia menuturkan, idealnya jaringan ini buatan sendiri. "Idealnya buatan sendiri, kalau belum bisa buatan sendiri, gimana untuk menjaga keamanan negara itu harus diatur dengan baik," pungkas Plate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.