Pemerintah Berniat Buat Jaringan Telekomunikasi Sendiri

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 30 Des 2019, 18:28 WIB
Diperbarui 30 Des 2019, 18:28 WIB
Johnny G Plate
Perbesar
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) memberikan keterangan usai pertemuan terpisah antara Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dengan Direksi TVRI, di Jakarta, Jumat (6/12/2019). Johnny meminta kisruh internal TVRI ini tidak berdampak pada program-program TVRI. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mewacanakan untuk membangun jaringan telekomunikasi sendiri, khususnya yang menyangkut keamanan dan pertahanan negara, serta pelayanan publik.

Hal ini terungkap usai rapat koordinasi terbatas antara Menko Polhukam Mahfud Md, dengan Menkominfo Johnny G Plate, Kepala BSSN Hinsa Siburian, serta beberapa jajaran Kementerian Pertahanan.

"Pertemuan koordinasi ada dari Menko (Polhukam), Departemen Pertahanan, Kominfo, BSSN terkait jaringan telekomunikasi kita. Bagaimana jaringan aman untuk keperluan taktikal, jaringan aman untuk keperluan operasional di luar dari sistem yang sudah ada," kata Plate di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dia menegaskan, wacana membangun jaringan telekomunikasi sendiri ini masuk dalam rencana jangka panjang. Sehingga belum bisa diterapkan dengan cepat.

"Belum, ini baru diskusi tahap pertama, sudah ingin hasil. Masih disusun perencanaannya. Karena ini satu yang sangat jangka panjang dan strategis," jelas Plate.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Perlu Penelitian

Menurut dia, hal ini perlu penelitian, koordinasi dengan kementerian dan lembaga, dan menjadi bagian dari kebijakan pemerintah atau dibuat dulu aturannya.

"Apakah itu dalam RPJMN atau bentuk program-program lainnya. Karena ini ada dua, yang satu terkait dengan pertahanan dan keamanan, dan yang satu terkait pelayanan pemerintah dan operasional," ungkap politisi NasDem ini.

Dia menuturkan, idealnya jaringan ini buatan sendiri. "Idealnya buatan sendiri, kalau belum bisa buatan sendiri, gimana untuk menjaga keamanan negara itu harus diatur dengan baik," pungkas Plate.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya