Libur Natal dan Tahun Baru, Ombudsman Sidak Terminal hingga Mapolres Metro Bekasi

Libur Natal dan Tahun Baru, Ombudsman Sidak Terminal hingga Mapolres Metro Bekasi

Inilah rekaman video seorang oknum petugas Dishub mengutip pungli dari awak angkutan umum di Terminal Bekasi, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (30/12/2019), selain mengutip pungli, dalam sidak di Terminal Bekasi, Tim Ombudsman juga menemukan kasus angkutan kota (angkot) memberikan uang Rp 4.000 kepada petugas Dishub yang ditukar dengan karcis retribusi. Namun, di karcis retribusi tertulis Rp 2.000.

"Terus terang kami juga terbatas mengawasinya, tapi teman-teman di lapangan akan saya konfirmasi kenapa ada yang tidak diberikan. Karena berdasarkan laporan ke saya, itu semuanya hitungan karcis dan uang itu bisa disesuaikan," kata Kepala Terminal Bekasi Kurniawan.

Selain Terminal Bekasi, anggota Ombudsman Ninik Rahayu juga melakukan sidak ke sejumlah layanan publik lainnya di Kota Bekasi.

Di antaranya, Rumah Sakit Dokter Chasbulah Abdul Majid Bekasi. Ombudsman menemukan jumlah petugas medis tidak sebanding dengan jumlah pasien.

Tim Ombudsman juga melakukan sidak ke Mapolres Metro Kota Bekasi. Dalam sidaknya, Ombudsman menemukan sejumlah kamera CCTV yang terpasang di area layanan publik tidak berfungsi.

"Karena saya yakin ini dibuat pasti penting, ya kalau rusaknya sudah dua bulan kena petir mestinya segera dilaporkan untuk dilakukan perbaikan, karena ini akan menunjang maksimal kinerja dari teman-teman di sini," ujar anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu.

Sidak digelar Tim Ombudsman untuk memastikan pelayanan publik pada saat libur Natal dan tahun baru tetap berjalan optimal.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 30 December 2019, 11:15 WIB

Video Terkait

Spotlights