Sukses

Ombudsman Tes Kesigapan Reaksi Petugas Damkar Kota Tangerang

Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala memuji reaksi para petugas damkar. Dia pun memberikan plakat kepada komandan regu.

Liputan6.com, Jakarta - Ombudsman RI sidak pelayanan publik di kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangerang. Dalam kesempatan itu, salah satu petugas Ombudsman mengetes kesigapan petugas untuk aksi pemadaman dengan cara menelepon hotline yang ada. Seketika para petugas Damkar bereaksi. Sekitar 1.30 menit, petugas langsung bereaksi.

Melihat hal ini, Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala memuji reaksi para petugas damkar. Dia pun memberikan plakat kepada komandan regu.

"Kami ingin tahu kemampuan secara real. Kami pura-pura menelepon. Kami mohon maaf, kami tidak bermaksud mengerjai. Saya ucapkan terima kasih. 1.30 menit, maka saya apresiasi dan sebagai silahturahmi dari lembaga menyerahkan plakat," kata Adrianus di Kota Tangerang, Minggu (29/12/2019).

Andrianus juga menyempatkan untuk menanyakan kendala apa saja yang dihadapi para petugas. Dimana ada yang mengeluhkan soal lalu lintas, sampai soal kesejahteraan, yang masih berstatus pegawai harian, meski sudah sejak 2005 bekerja.

Karena itu, Ombudsmanbermaksud akan menyampaikan hal ini kepada Wali Kota Tangerang, pada saat bertemu.

"Nanti kami akan undang Wali Kota untuk menyampaikan masukan ini," tegas Andrianus.

Menurut dia, petugas Damkar memang banyak dilupakan peranannya. Tidak hanya oleh masyarakat, tapi pemerintah.

"Sering kali dilupakan masyarakat sendiri. Dan baru terasa penting jika sudah ada kejadian. Juga dilihat oleh pemerintah sendiri, sebagai call center," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.