Sukses

Tingkatkan Investasi dan SDM Indonesia, Menaker Gandeng Investor China

Pemerintah Republik Indonesia terus berupaya melakukan perbaikan atau penyempurnaan regulasi.

 

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan RRT berkomitmen untuk terus memperkuat dan memperluas kerja sama bidang ketenagakerjaan. Salah satu aspek kerja sama yang akan dibangun oleh kedua belah pihak adalah Peningkatan SDM Indonesia dan Perluasan Kesempatan Kerja.

Menaker Ida Fauziyah menyatakan Indonesia siap menjalin kerja sama dengan investor Tiongkok untuk meningkatkan SDM Indonesia dalam mendukung iklim investasi di Indonesia. RRT adalah negara investor terbesar ke-4 di Indonesia, salah satu diantaranya industri yang berada di Bali, Medan, Morowali dan Halmahera, dan akan merambah ke wilayah Kalimantan.

"Kita ingin investors Tiongkok dapat memperbanyak penggunaan SDM Indonesia di project-projectnya di Indonesia," kata Menaker Ida.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri, Indah Anggoro Putri dan Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing, Haryanto.

"Indonesia dan RRT ingin berkolaborasi dalam identifikasi keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan investasi RRT di Indonesia dan di negara lainnya. Misalnya, ini bisa dalam pengembangan pelatihan, transfer teknologi dan pemagangan," kata Putri dalam siaran pers Biro Humas Kemnaker di Shanghai (29/12).

Hal itu ditegaskan juga oleh Haryanto pada Pertemuan dengan Pengusaha RRT di Shanghai. "Pemerintah Republik Indonesia terus berupaya melakukan perbaikan atau penyempurnaan regulasi dalam membantu kemudahan investasi di Indonesia dengan menyederhanakan prosedur perizinan tenaga kerja asing. Hal ini sangat membantu Peningkatan investasi asing yang dibarengi dengan adanya alih teknologi dan pengetahuan bagi SDM Indonesia agar memiliki daya saing global."

Putri menjelaskan Indonesia dan RRT akan menjalin kerja sama di bidang Ketenagakerjaan pada awal tahun depan. Ia pun menyatakan apresiasi dukungan RRT terhadap program pemagangan yang diselenggarakan di Indonesia.

"RRT akan mendukung program pemagangan di Perusahaan RRT yang ada di dalam Negeri maupun Luar Negeri dimana investasi RRT berada, untuk lulusan Indonesia dari BLK yang memenuhi kriteria kualifikasi yang relevan," jelas Putri.

Selain memperkuat kerja sama yang sudah ada, Putri berharap, ke depan jalinan kerjasama ini dapat memperluas kerja sama di bidang ketenagakerjaan lainnya. Seperti keselamatan dan kesehatan kerja, pertukaran experts, dan sebagainya.

"Kami berharap bahwa kerja sama bilateral ini akan berlangsung lama dan membawa manfaat bersama bagi ekonomi kita," ujarnya.

Pada pertemuan itu, Menaker menegaskan bahwa Kerjasama RI-RRT di bidang Ketenagakerjaan sangat penting dalam mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan daya saing angkatan kerja muda Indonesia, khususnya para lulusan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kemnaker memasuki dunia kerja di era digital.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini