Sukses

Ombudsman Sebut Setya Novanto Berada di Ruangan VIP RSPAD

Komisioner Ombudsman Adrianus menyarankan, seharusnya Setya Novanto dirujuk ke Rumah Sakit Pengayoman Cipinang.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala mengatakan, narapidana korupsi Setya Novanto tengah berada di ruang VIP Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta untuk menjalani perawatan lantaran penyakit jantungnya.

"(Setya Novanto) di lantai 5, itu VIP," kata Adrianus di Cengkareng, Tangerang, Minggu (29/12/2019).

Dia menegaskan, hal ini tidak biasa. Mengingat anggaran dari negara yang diberikan pada masing-masing WP (wajib pajak) itu minim sekali.

"Pernah kami membuat hitung-hitungan, pernah itu sekitar Rp 10 ribu per orang per tahun," jelas Adrianus.

Dia menyebutkan, pria yang akrab disapa Setnov tersebut menggunakan anggaran pribadi. Karena itu Adrianus mengkritik bukan kepada tahanan tapi negaranya.

"Sudah merampas kemerdekaannya, tapi kemudian saat yang bersangkutan sakit, kok yang bersangkutan menggunakan biaya sendiri," ungkap Adrianus.

Dia menyarankan, seharusnya Setya Novanto dirujuk ke Rumah Sakit Pengayoman Cipinang. 

"Seyogyanya Rumah Sakit Pengayoman ditingkatkan kelasnya. Sehingga mampu menangani penyakit jantung sekelas yang dialami Pak Setya Novanto. Daripada kemudian lalu keluar ke rumah sakit lain dan harus bayar sendiri, mengapa tidak di Rumah Sakit Pengayoman di mana memang diperuntukkan bagi warga binaan yang sakit," kata Adrianus.

Dia pun menegaskan, kehadiran Ombudsman di RSPAD bukan terfokus melihat warga binaan. Akan tetapi petugas yang bekerja.

"Andaikan misalnya, misalnya, tadi kami menemukan Pak Setya Novanto tidak ada, maka yang kami tegur adalah tentu regulatornya, tentu negaranya. Dalam hal ini Dirjen Pasnya, Kakanwil Jawa Barat nya atau Lapas Sukamiskinnya, dan tentu bukan yang bersangkutan. Karena tadi, harus negara yang bertanggung jawab akan warga binaannya," pungkas Adrianus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipindah ke LP Cipinang

Terpidana kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto atau Setnov dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, ke Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Pemindahan dilakukan pada Kamis, 27 Desember 2019.

"Benar (dipindahkan)," tutur Kalapas Sukamiskin Abdul Karim kepada Liputan6.com, Jumat (27/12/2019).

Pemindahan tersebut bersifat sementara lantaran Setnov harus menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Namun, Abdul enggan merinci batas waktu atau alasan lain terkait penitipan tahanan tersebut.

Abdul memastikan, Setnov akan kembali ke Lapas Sukamiskin usai urusannya di rumah sakit selesai. Statusnya kini hanya sebagai tahanan titipan di Lapas Cipinang.

"Kembali lagi ke Bandung (nanti)," jelas Abdul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.