Sukses

Diduga Rem Blong, Bus Tabrak Innova di Tol Kalikangkung Semarang 

Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan beruntun melibatkan dua bus dan satu minibus jenis Toyota Innova terjadi di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414 Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (28/12/2019) sekitar pukul 20.10 WIB. Akibatnya, 10 orang dikabarkan ter luka dan harus dilarikan ke rumah sakit Tugu Semarang.

Arie Irianto, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang menyebut, kecelakaan beruntun tersebut dipicu oleh kendaraan Bus Kramat Jati dengan nomor polisi B 7450 TGA yang mengalami rem blong sehingga hilang kendali dan menabrak bagian belakang bus PJT di depannya dan sedang melakukan transaksi (tapping) di akses masuk Gardu No 13 GT Kalikangkung.

Bus PJT kemudian terdorong hingga oleng ke kanan dan menabrak water barrier serta kendaraan Innova dengan nomor Polisi H 732 UK hingga masuk parit. Kecelakaan ini mengakibatkan dua bus tersebut terbakar.

"Tepat pada pukul 20.20 WIB api sudah berhasil di padamkan dan lalu lintas sudah kembali normal," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu, (29/12/2019).

Pihaknya mengimbau seluruh pengguna jalan untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan. Kendaraan yang tidak layak operasi bisa berakibat kecelakaan dan merugikan pengguna jalan lainnya, seperti kasus rem blong yang tidak berfungsi maksimal dalam kejadian ini.

"Kita juga minta pengguna jalan untuk beristirahat jika lelah ataupun mengantuk dengan memanfaatkan rest area, terutama bagi pengguna jalan yang menempuh perjalanan panjang," jelasnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.