Sukses

Program Keselamatan Polri Serahkan Bansos, Awak Transportasi Berucap Syukur

Pelatihan dan penyaluran bantuan ini dilaksanakan Korlantas Polri dalam rangka membantu masyarakat, khususnya mitra lalu lintas yang terdampak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo memberi arahan dalam bentuk program keselamatan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang mengkombinasikan bantuan sosial dan pelatihan keselamatan.

Berdasarkan arahan tersebut, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Aziz menyatakan, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (salus populi suprema lex esto) dan merealisasikan arahan dalam bentuk Program Keselamatan 2020.

Program ini memadukan pelatihan keselamatan dengan materi pencegahan Covid-19 dan Keselamatan Lalu Lintas secara online (daring) dan tutorial dengan memperhatikan aturan physical distancing dan social distancing yang diikuti dengan pemberian dana tunai kepada penerimanya.

Pelatihan dan penyaluran bantuan ini dilaksanakan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam rangka membantu masyarakat, khususnya kepada mitra lalu lintas yang terdampak.

Menurut Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Pol Istiono, mitra lalu lintas terkena dampak penurunan ekonomi yang drastis akibat Covid-19. Para peserta program ini adalah pengemudi-pengemudi bus, taksi, truk, angkot, ojek konvensional, andong, becak, kernet, bajaj atau bemo dan rental di seluruh Indonesia.

"Apalagi dengan adanya larangan mudik, awak transportasi pasti berkurang drastis penghasilannya," ungkap Istiono, belum lama ini.

Ada 197.256 orang awak tranportasi mitra Polantas (Polisi Lalu Lintas) yang sudah terdata di seluruh Polda (Kepolisian Daerah) untuk mendapat bantuan Program Keselamatan.

"Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," ujar Istiono.

Polri merealokasi Rp 360 miliar dari anggarannya untuk mewujudkan program yang penyalurannya melalui kartu debet Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Jokowi dan Kapolri yang telah memberikan bantuan kepada kami dan sudah saya terima," ujar Baham, pemudi becak motor Sepiro, warga Medan yang menerima bantuan ini.

"Terima kasih kepada pemerintah, khususnya Korlantas Polri yang telah membuat program keselamatan masyarakat kepada yang terdampak Covid-19, sangat membantu sekali," ujar Syafrani, peserta yang berprofesi sebagai pengemudi ojek konvensional.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapat Manfaat Langsung

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah melalui Polri atas pelatihan dalam rangka Program Keselamatan 2020, kami juga telah menerima pesan dan imbauan yang disampaikan kepada kami untuk mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di kabupaten Bengkulu Tengah," tutur Agus Hilman, penarik becak warga Kota Bandung, Jawa Barat.

Begitu pula dengan manfaat yang dirasakan oleh sopir Taksi Bandara Kalibaru, Dian Suhendra Bintang.

"Kami mendapatkan manfaat yang langsung bisa kami pakai bersama keluarga, saya mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan pelatihan ini. Polri Jaya!" ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.