Sukses

Maju Pilwalkot 2020, Gibran Dapat Dukungan dari Komunitas Atlet Badminton Solo

Gibran dinilai memiliki kapasitas dan kecakapan menjadi pemimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan atlet yang tergabung dalam Badminton Club Solo Raya menyatakan dukungannya terhadap Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020-2025. Deklarasi para atlet digelar di lapangan Club Billy Beras, Sragen, Jawa Tengah, Jumat (26/12/2019).

Salah seorang deklarator, Billy Haryanto menuturkan, Gibran sangat layak menjadi Wali Kota Solo menggantikan FX Rudi Hadiyatmo. Gibran dinilai memiliki pengalaman memimpin orang di perusahaannya.

“Dia memiliki kapasitas dan kecakapan dalam memimpin. Terbukti usahanya sukses, berkembang, membuka cabang di mana-mana,” kata Billy.

Solo bukan kota yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Pendapatan daerah salah satunya ditopang oleh sektor jasa dan pariwisata.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 3 juta orang saban tahun datang ke Solo. Jutaan orang itu ditampung di 156 hotel.

Menurut Billy, jumlah hotel di Solo masih minim mengingat makin bertambahnya jumlah orang yang datang ke Solo.

Karenanya, ia yakin Gibran punya solusi mengatasi hal tersebut. Misalnya, dengan memperbanyak losmen-losmen rumah penduduk Solo untuk penginapan seperti di Yogyakarta. “Jika seperti itu, UMKM akan hidup.”

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Majukan UMKM di Solo

Tak hanya hotel, jumlah restoran di Solo juga masih terbilang sedikit, yakni hanya 152 restoran pada 2017. Menurut Billy, diperlukan usaha mikor, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner sehingga mampu memberdayakan rakyat kecil.

Gibran, kata Billy, sangat pas memimpin Solo lima tahun ke depan karena punya pengalaman di UMKM. Bisnis kulinernya sukses dan berhasil menghidupkan UMKM.

“Jika Gibran terpilih, besar kemungkinan dunia UMKM bakal hidup. Solo itu cocoknya konsep ekonomi kerakyatan seperti UMKM,” kata Billy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.