Sukses

Pemprov DKI Pastikan Material Batu Gabion yang Dibongkar Tak Dibuang

Instalasi batu gabion itu dibongkar untuk sementara waktu dalam rangka lahan dipakai untuk perayaan malam pergantian tahun 2019 menuju 2020 di Bundaran HI.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyebut, material instalasi batu gabion di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang baru dibongkar tidak dibuang.

Suzi menyebut material instalasi tersebut dipindahkan di lahan milik Dinas Kehutanan dan sebagian kecil masih berada di bekas lahan instalasi batu gabion. Sementara tanaman-tanaman di sekitar instalasi disimpan di kebun bibit.

"Enggak ada yang dibuang," ujar Suzi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Instalasi batu gabion itu dibongkar untuk sementara waktu dalam rangka lahan dipakai untuk perayaan malam pergantian tahun 2019 menuju 2020 di Bundaran HI. Instalasi itu dibongkar sementara agar tidak rusak.

"Untuk menghindari kerusakan, itu dibongkar sementara," kata Suzi.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membongkar instalasi bebatuan atau Gabion di kawasan Bundaran HI Jakarta. Pembongkaran itu dilakukan pada Senin (23/12/2019) malam dan hanya untuk sementara.

Suzi Marsitawati mengatakan, untuk pembongkaran dan pemasangan kembali batu gabion itu tidak ada anggaran khusus. “Tidak ada (anggaran) tambahan, pakai material yang ada,” kata Suzi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Rata dengan Tanah

Pantauan Liputan6.com, instalasi Gabion sudah roboh dan hampir rata dengan tanah. Batu-batu karang nampak berserakan di tanah. Di bekas instalasi juga nampak rangka-rangka untuk keperluan pangging hiburan malam tahun baru.

Suzi mengatakan, batu-batu karang itu akan tetap berada di bekas instalasi Gabion sampai nanti dibangun kembali. “Tetap (di HI),”ucapnya.

Instalasi yang baru berumur empat bulan itu dibongkar pada Senin (23/12/2019) malam dan pembongkaran hanya untuk sementara.

"Untuk persiapan penyelenggaraan acara tahun baru untuk warga jakarta di bundaran HI," ujar Suzi.

Usai acara tahun baru, Dinas Kehutanan akan membangun kembali instalasi batu Gabion tersebut. "Setelah itu akan dipasang kembali," jelas Suzi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.