Sukses

Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy dan Kabareskrim Listyo Sigit Resmi Sandang Jenderal Bintang 3

Selain itu, ada 9 Brigjen lainnya yang dikukuhnya menjadi Irjen, 12 Kombes naik ke Brigjen dan 90 orang AKBP resmi menjadi Kombes.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis menaikkan pangkat sejumlah perwira tinggi (pati) Polri. Ada 3 pati berpangkat Irjen yang dinaikkan menjadi Komjen, mereka di antaranya Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Agus Andrianto, dan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Setelah naik pangkat jadi Komjen, Gatot nantinya akan mengisi jabatan Wakapolri. Sedangkan Agus dan Listyo Sigit telah lebih dulu dilantik sebagai Kabaharkam Polri dan Kabareskrim Polri.

Upacaya kenaikan pangkat ini digelar di Aula Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, pada Kamis (26/12/2019). Dalam sambutannya, Kapolri Idham Azis mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut.

"Ini kita bisa menyelenggarakan dengan cepat proses kenaikan pangkat rekan-rekan yang beruntung," ujar Idham Azis, Kamis (26/12/2019).

Selain itu, ada 9 Brigjen yang dikukuhnya menjadi Irjen, 12 Kombes naik ke Brigjen, dan 90 orang AKBP resmi menjadi Kombes.

Idham menyebut, ada tiga momentum yang harus disyukuri dari kenaikan pangkat ini. Pertama yakni berterimakasih kepada Tuhan, kedua berterimakasih kepada Institusi Polri, dan ketiga kepada keluarga.

"Semoga kenaikan pangkat ini akan memacu dan memotivasi rekan-rekan untuk berbuat dan mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri," kata Idham.

"Kepada Ibu Bhayangkari, saya juga mengucapkan selamat, dukung terus bapak-bapaknya karena kehadiran ibu-ibu, motivasi ibu-ibu sangat dibutuhkan oleh bapak-bapak di dalam mengarungi kedinasan di institusi Polri ini," kata Idham Azis.

Kenaikan pangkat ini merupakan lanjutan dari keluarnya dua Surat Telegram yang diterbitkan oleh Kapolri melalui AS SDM Polri.

Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019.

Sedangkan Wakapolri, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3330/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 20 Desember 2019.

Komjen Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun. Sebelumnya, Gatot Eddy menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Nana Sujana yang sebelumnya menduduki Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara itu, Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Tomsi Tohir.

Sementara Kepala Badan Pemiliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri diisi oleh Komjen Agus Andrianto setelah Komjen Firli menjadi Ketua KPK. Sedangkan, Kabareskrim diisi oleh Komjen Listyo Sigit. Posisi itu sempat kosong satu bulan setelah Idham Azis resmi naik menjadi Kapolri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Ketua KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen Firli Bahuri turut menghadiri acara kenaikan pangkat Komjen Gatot Eddy Pramono di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Firli terlihat berada di jajaran para undangan, bersama dengan Wakapolri Komjen Ari Dono. Firli terlihat mengenakan baju batik berwarna kuning dengan garis cokelat.

Upacara pelantikan kenaikan pangkat ini dipimpin langsung Kapolri Jenderal Idham Azis. Adapun yang dilantik adalah Gatot Eddy yang diangkat menjadi Wakapolri, kemudian Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit. Kapolri Idham Azis menyebut nama Firli dalam sambutannya.

"Yang saya hormati, Ketua KPK Komjen Firli Bahuri," ujar Idham Azis.

Upacara kenaikan pangkat ini merupakan ujung dari keluarnya Surat Telegram (TR) yang diterbitkan oleh Kapolri melalu AS SDM Polri.

Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019.

Sedangkan Wakapolri, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3330/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 20 Desember 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.