Sukses

Mahfud Md: Tahun Ini Jadi Natal Terbaik dan Teraman

Menurut Mahfud Md, tidak ada satu pun peristiwa besar terjadi selama Natal 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mendapat laporan bahwa Natal tahun ini yang paling aman. Laporan ini didengarkannya bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, di Istana.

"Saya baru ketemu Pak Presiden, dan kami pemerintah merasa gembira bahwa pada tahun ini dicatat atau tercatat dan diakui oleh tokoh-tokoh gereja yang sudah menyampaikan pesan kepada kami, ini adalah Natal terbaik dan teraman, dan terdamai dalam beberapa dekade terakhir," kata Mahfud Md di Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Menurut dia, tidak ada satu pun peristiwa besar terjadi selama Natal 2019. "Letupan-letupan kecil yang sifatnya sangat lokal tidak mampu memprovokasi apa situasi nasional," ungkap Mahfud.

Atas nama pemerintah, Mahfud Md mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat atas Natal yang aman.

"Sehingga secara nasional, ucapan terima kasih disampaikan kepada pemerintah, dan pemerintah menyampaikan kepada rakyat. Mudah-mudahan tahun baru pun kita tetap masih bisa bekerja sama," pungkas Mahfud.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Natal

Presiden Jokowi mengucapkan Selamat Hari Natal 2019 kepada seluruh umat kristiani di tanah air. Jokowi berharap momen Natal kali ini bisa membawa kedamaian dan kegembiraan.

Hal ini disampaikan Jokowi lewat akun resmi Facebook Presiden Joko Widodo, Rabu (25/12/2019). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuliskan untaian kata-kata yang disertai gambar karikatur.

"Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani di seluruh Tanah Air dan di mana pun berada, semoga kedamaian, kegembiraan, dan kerukunan senantiasa menjadi pengiring langkah kita," tulis Jokowi. 

Adapun gambar karikatur tersebut, terdapat tulisan Selamat Hari Natal dan memperlihatkan kegembiraan sebuah keluarga umat Kristiani yang sedang merayakan Natal.

Mereka memegang lilin yang sudah menyala dan saling tersenyum. Dalam karikatur itu, juga tampak pohon Natal yang telah dihias.

Sementara itu, Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema 'hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang' pada perayaan Natal 2019.

"Untuk tahun ini, yang diangkat dari pesan natal bersama dari Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), jadi temanya hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang," kata Humas Katedral dan Keuskupan Agung, Susyana Suwadie kepada Liputan6.com, Selasa (24/12/2019).

Sedangkan, tema dekorasi perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta mengusung tema nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.