Usung Gibran di Pilkada Solo, Nasdem Siap Berkongsi dengan PDIP

Oleh Liputan6.com pada 25 Des 2019, 18:27 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 18:27 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Perbesar
Menkominfo Johnny G. Plate. Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu Achmud

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate mengakui, sudah membuka komunikasi dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka pada Pilwakot Solo 2020. Namun, pembicaraan itu baru di tahap pengurus daerah.

"Itu komunikasi di tingkat di daerah masih. Itu sifatnya kan internal. Nanti dong," ujar Johnny di kediamannya, Cilandak, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Johnny mengatakan, ada petunjuk organisasi dalam hal pencalonan di Pilkada. Dia berharap, Gibran mengikuti petunjuk dan aturan di partainya sendiri.

"Kan ada petunjuk organisasi ikuti tahapan itu kita berdemokrasi itu harus ikut aturan main yang baik," ucapnya.

Nasdem mendukung langkah Gibran maju Pilkada Solo. Menurut dia, Nasdem akan menjadikan putra Presiden Jokowi punya elektabilitas yang kuat.

"Kami akan mengajak agar popularitas itu juga nanti jadi basis yang kuat untuk elektabilitas," ucapnya.

Johnny mengatakan, Nasdem mendukung Gibran untuk maju bertarung di Pilkada. "Pada prinsipnya Nasdem mendukung generasi muda yang ingin berpartisipasi dalam politik," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Daftar Calon Wali Kota

Gibran menyerahkan berkas pendaftaran Walkot Solo di DPD PDIP Jateng. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
Perbesar
Gibran menyerahkan berkas pendaftaran Walkot Solo di DPD PDIP Jateng. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dikawal para relawan pendukungnya untuk mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo (Cawalkot) ke DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang. Dia juga dilepas oleh sang ibu, Iriana Jokowi, dan istrinya, Selvi Ananda

Pantauan Liputan6.com, Kamis 12 Desember 2019, ratusan relawan pendukung Gibran Rakabuming Raka telah berkumpul di Halaman Graha Sabha Buana Solo sejak pukul 06.30 WIB. Para relawan yang datang tampak menikmati hidangan sarapan gratis seperti hidangan nasi liwet, nasi goreng, soto ayam, bubur ayam, wedangan hingga minuman ronde.

Massa pendukung tersebut berasal dari berbagai elemen relawan. Mereka yang akan mengantar Gibran menuju Semarang mengenakan seragam kaus bertuliskan "Indonesia Raya" lengkap dengan gambar para pahlawan nasional.

Gibran Rakabuming Raka datang ke lokasi titik kumpul para relawan di depan Graha Sabha Buana sekitar pukul 08.30 WIB. Ia tampak mengenakan pakaian kemeja lengan panjang putih dan celana hitam berwarna hitam.

Kedatangan Gibran langsung disambut para pendukungnya yang telah berkumpul sejak pagi. Ayah Jan Ethes itu pun menyalami para relawan sambil meladeni permintaan foto bersama para relawan.

Tak berselang lama, Ibu Negara Iriana Jokowi tampak datang menyusul Gibran Rakabuming Raka. Iriana tampak mengenakan kemeja seragam kebesar Gibran untuk Cawalkot Solo yang difungsikan sebagai outer. Para relawan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyalami Iriana dan foto bersama.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓