Sukses

Uskup Agung Jakarta Minta Umat Jaga dan Rawat Persatuan

Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo menuturkan, persatuan dan kedamaian akan terpancar ke depannya, apabila pesan Natal tahun ini diserap dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Katedral, Jakarta menggelar misa Natal pada Rabu (25/12/2019). Tema Natal yang diusung tahun ini adalah 'Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang'.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo mengungkapkan, tema tersebut memberikan suatu pesan untuk memperkuat toleransi antarumat beragama di Indonesia, mempersatukan bangsa serta melupakan segala bentuk perbadaan yang ada.

"Karena di tengah masyarakat kita yang namanya persahabatan dan persaudaraan itu nilai bersama bagi bangsa kita," kata Ignatius Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2019).

Ignatius Suharyo mengatakan, persatuan antarumat harus dipererat demi memperkuat perdamaian bangsa Indonesia. Hal ini sebagaimana yang dicita-citakan pendiri bangsa saat merumuskan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Itulah yang harus dirawat dan diperjuangkan di tengah lunturnya itu (persatuan)," ucap dia.

Menurut Ignatius Suharyo, tindakan intoleransi dan politik identitasi bisa menjadi penyebab perpecahan. Ia pun ingin agar seluruh umat menjauhi hal-hal tersebut serta menyampaikan pesan damai Natal kepada sesama.

Ignatius menuturkan, persatuan dan kedamaian akan terpancar ke depannya, apabila pesan Natal tahun ini diserap dengan baik.

"Karena itu supaya natal bagi kristiani semakin kontekstual digunakanlah hal ini, ini untuk melawan arus dan kita diajak untuk menjadi sahabat bagi semua orang," tambah Ignatius Suharyo.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.