Sukses

Menhub: Liburan Natal dan Tahun Baru, Gunakan Bus yang Sudah Ramp Check 

Budi Karya mengklaim telah pemeriksaan kelayakan kendaraan hingga kesehatan para supir dan kondektur bus, jelang libur Natal dan tahun baru untuk keamanan dan kenyamanan penumpangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat menggunakan bus yang sudah dilakukan pemeriksaan jika ingin berlibur saat Natal dan tahun baru. Pesan ini disampaikan  agar kejadian bus yang jatuh ke jurang di Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak terulang.

"Gunakan bus-bus yang sudah di rampcheck, layak jalan istilahnya," kata Budi Karya di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (24/12/2019).

Budi Karya mengklaim telah pemeriksaan kelayakan kendaraan hingga kesehatan para supir dan kondektur bus, jelang libur Natal dan tahun baru untuk keamanan dan kenyamanan penumpangnya.

"Saya minta di terminal-terminal itu, seperti yang kami lakukan di Kampung Rambutan, itu supirnya diperiksa, darah tingginya diperiksa, gula darahnya diperiksa, minum alkohol atau tidak," terangnya.

Budi Karya meminta Perusahaan Otobus (PO) dan masyarakat mengutamakan keselamatan berkendara. Sehingga tidak terjadi kecelakaan dan musibah lainnya selama diperjalanan.

Dia juga meminta semua pihak memastikan keamanan dan kenyamanan kondisi bus, agar tidak memakan korban jiwa kembali. Seperti yang terjadi di Pagar Alam, Sumsel, yang menabrak pagar pembatas jalan kemudian jatuh ke dalam jurang.

"Saya prihatin tentang kejadian itu dan turut berbelasungkawa. Nah inilah yang namanya pentingnya safety, kalau kita safety ini tidak akan terjadi. Tapi ini sudah terjadi, sekali lagi saya berduka cita, semoga tidak terjadi lagi kecelakaan," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.