Sukses

8.189 Polisi Amankan Gereja di Jakarta Saat Malam Misa

Menurut Yusri, ada 316 gereja yang menjadi skala prioritas. Di antaranya 4 gereja besar yang ada di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya memetakan penjagaan di seluruh gereja yang ada di Jakarta menjelang perayaan Natal 2019. Total terdata sebanyak 1.558 gereja yang diberikan layanan pengamanan.

"Hari ini dari Kapolri, Panglima TNI dan pejabat daerah akan pengecekan kesiapan pengamanan di gereja, nanti malam kan udah mulai misa. Sekalian mengecek, 1.558 gereja yang kita amankan seluruh Jakarta, wilayah hukum Polda Metro Jaya," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (24/12/2019).

Menurut Yusri, ada 316 gereja yang menjadi skala prioritas saat Natal. Di antaranya 4 gereja besar yang ada di Jakarta.

"Kemudian ada yang gereja yang sebelahnya rumah ibadah lain, masjid misalnya . Ada gereja yang masuk wilayah khusus agamanya cuma di kampung agamis, itu tentu skala prioritas," jelas dia.

Yusri menyebut, penempatan 8.189 personel untuk Operasi Lilin Jaya 2019 ini mencakup pengamanan gereja saat Natal di Ibu Kota. Sementara ada juga bantuan yang diberikan oleh ormas agama, ormas pemuda, hingga pihak bantuan sosial.

"700 personel diturunkan untuk bantu kita, tetapi penempatan mengikuti arahan para petugas kemanan TNI Polri. Untuk di dalam pengaman internal, bagaimana nanti men-setting, memeriksa semua orang yang masuk ke dalam, tas-tasnya. Kita kedepankan panitia dari gereja. TNI Polri hanya mendampingi saja. Tetapi sterilisasi tetap kita jalankan," Yusri menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.