Sukses

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Papua Gelar Operasi Lilin Matoa

Polda Papua dalam pelaksanaannya melibatkan sebanyak 2.025 personel Polda dan Polres jajaran dengan membangun sebanyak 63 Pos Pam di seluruh Polres Jajaran Polda Papua

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Operasi Lilin Matoa 2019 di awali dengan dilaksanakannya Gelar pasukan di Lapangan brimob kotaraja dan Latihan Pra Operasi di Aula Rastra Samara Polda Papua pada hari Jumat tanggal 20 Desember 2019.

"Operasi Lilin Matoa 2019 dilaksanakan dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang bersifat terbuka dalam bentuk Operasi Harkamtibmas, dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan pencegahan dan penangkalan pada seluruh rangkaian kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustfofa Kamal, Minggu, 22 Desember 2019.

Polda Papua dalam pelaksanaannya melibatkan sebanyak 2.025 personel Polda dan Polres jajaran dengan membangun sebanyak 63 Pos Pam di seluruh Polres Jajaran Polda Papua.

Pos Pam tersebut ditempatkan di Jayapura Kota sebanyak 7 Pos, Kabupaten Jayapura sebanyak 5 Pos, Jayawijaya sebanyak 2 Pos, Biak Numfor sebanyak 4 Pos, Nabire sebanyak 3 Pos, Merauke sebanyak 5 Pos, Kep. Yapen sebanyak 2 Pos, Mimika sebanyak 5 Pos, Paniai sebanyak 2 Pos, Puncak Jaya sebanyak 2 Pos, Keerom sebanyak 3 Pos, Sarmi sebanyak 3 Pos, Peg. Bintang sebanyak 2 Pos, Yahukimo sebanyak 2 Pos, Tolikara sebanyak 2 Pos, Mappi sebanyak 2 Pos, Boven Digoel sebanyak 3 Pos, Supiori sebanyak 2 pos, Waropen sebanyak 2 pos, lanny Jaya sebanyak 1 pos, Mamberamo Raya sebanyak 1 pos dan Mamberamo tengah sebanyak 1 pos.

"Pos tersebut dapat digunakan sebagai rest area dan pertolongan kesehatan serta pelayanan pengaduan," ucap Kamal.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Operasi Lilin

Kamal menjelaskan, target dari kegiatan Operasi Lilin Matoa 2019 antara lain Gereja, Bandara dan Pelabuhan.

Selanjutnya orang, antara lain yang  sedang berbelanja dan yang merayakan Natal, kemudian Barang seperti senjata tajam, Minuman Keras, Narkoba, Petasan dan Sembako serta Kegiatan seperti Ibadah Natal, Arus Mudik/Balik dan Perayaan Tahun Baru.

Kamal mengatakan, Polda Papua melakukan pengamanan di tempat Ibadah sebanyak 2.247 gereja di Provinsi Papua, sebanyak 48 tempat wisata, 63 SPBU, 70 fasilitas Umum, 33 Pelabuhan/Dermaga, 14 terminal, 42 Bandara dan 117 Pusat perbelanjaan di Provinsi Papua.

"Kita berharap dalam pelaksanaan Operasi lilin kali ini bisa menjaga kamtibmas di Tanah Papua, sehingga saudara kita yang beragama Nasrani bisa melaksanakan Ibadah dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun. Kita semua berharap agar keamanan di tanah Papua selalu terjaga dengan baik," kata dia.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di tanah Papua ini agar tetap aman dan kondusif. Mari kita isi bulan Desember ini dengan melakukan kegiatan positif," tambah Kamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.