Sukses

Kemenhub Ungkap Penyebab 2 Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Soetta

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengungkapkan penyebab dua pesawat Garuda Indonesia yang nyaris adu banteng.

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengungkapkan penyebab dua pesawat Garuda Indonesia yang nyaris adu banteng di landasan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Polana membantah kalau kejadian yang mengerikan tersebut bukan karena pilot Garuda Indonesia yang kelelahan bekerja karena overtime. Dia memastikan kalau kejadian yang terjadi pada Kamis (12/12/2019) itu disebabkan oleh pengaruh cuaca buruk.

"Bukan, bukan karena overtime. Karena pada waktu itu lagi cuaca buruk, jadi suara dari ATC agak terganggu," kata Polana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (22/12/2019).

Intinya, lanjut Polana, biang masalah ada di sistem komunikasi. Perihal sanksi kepada pilot, Polana menyerahkan seutuhnya kepada maskapai pelat merah tersebut.

"Soal sanksi, perusahaan yang memberikan sanksi sendiri kepada pilot," kata Polana.

Diketahui, kedua pesawat yang saling berhadap-hadapan tersebut adalah Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soekarno-Hatta (CGK). Pesawat tersebut berhadap-hadapan dengan pesawat GA246 nomor resgistrasi PK-GRR rute Bandara Soekarno-Hatta (CGK) - Banyuwangi (BWX).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.