Megawati Jengkel 22 Kali Ketua DPR Dijabat Pria

Oleh Lizsa Egeham pada 22 Des 2019, 15:23 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 14:13 WIB
Bersama Megawati, Jokowi Beri Arahan Pembumian Pancasila

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengaku jengkel 22 kali pemilihan Ketua DPR selalu dimenangi oleh kaum pria. Megawati sempat bertanya-tanya apakah kaum perempuan tak bisa menjadi Ketua DPR.

"Jadi Ketua DPR yang 22 kali itu adalah kaum pria. Kok ditepuktanganin? Orang 22 kali saya jengkel sekali, dominasi pria kuat sekali. Apa kita ini tidak bisa," kata Megawati saat menghadiri Perempuan Hebat untuk Indonesia, dalam rangka Hari Ibu di Hotel Ritz Carlton Jakarta Selatan, Sabtu (22/12/2019).

Ketua Umum DPP PDIP itu pun senang kala sang anak, Puan Maharani akhirnya berhasil menjadi perempuan pertama yang duduk di kursi Ketua DPR. Puan diketahui menjadi jawaran di Dapil V Jawa Tengah saat pemilihan legislatif 2019.

"Ibu Puan akhirnya dari hasilnya saja tidak bisa lagi dibantah oleh kaum laki, karena jumlah suara terbesar. Suara beliau sekitar 450 ribu. Iya, otomatis tidak lagi ada pilihan, harus jadi Ketua DPR. Ini adalah ke-23 kali (pemilihan Ketua DPR) dan pertama seorang ibu yang jadi Ketua DPR," jelas Megawati.

Megawati menegaskan bahwa kaum perempuan sangat bisa untuk menjadi pemimpin bangsa. Dia lantas mencontohkan dirinya yang menjadi Presiden ke-5 RI dan Wapres kea-8 RI.

"Ini hanya sebagai inspirasi kaum perempuan agar juga dapat seperti itu. Saya sangat merindukan sekiranya sudah ada kaum perempuan yang berkeinginan menjadi wapres presiden why not?" ujar Megawati.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓