Sukses

H-4 Natal, Polisi Sebut Lalu Lintas di Jalur Pantura dan Selatan Jawa Lancar

Meski begitu, kepadatan terpantau di Tol Jakarta-Cikampek imbas pertemuan kendaraan dari jalur bawah dan atas di KM 48.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi memastikan, kondisi lalu lintas di Jalur Pantura maupun Jalur Selatan pada Sabtu (21/12/2019) atau H-4 Natal 2019 lancar. Kesimpulan itu didapatkan dari informasi yang diterimanya di lapangan.

"Laporan dari kasatlantas jajaran, baik di tol, arteri utara dan selatan masih lancar," kata Eddy di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu.

Meski begitu, Eddy tak menampik adanya kepadatan lalu lintas terutama di Jalan Tol Jakarta Cikampek. Dilansir Antara, dia menyebut kemacetan tersebut dipicu pertemuan arus kendaraan dari jalur bawah dan jalur layang atau elevated di kilometer 48.

"Kepadatan saja di jalur elevated. Dari arah bawah ada tiga lajur, dari atas dua lajur, bertemu di bawah sehingga derasnya arus kendaraan dari jalur elevated menyebabkan perlambatan di kilometer 48," tuturnya.

Kepolisian dan stakeholder terkait pun menerapkan sistem contraflow atau lawan arah hingga di kilometer 61 Tol Jakarta-Cikampek. Contraflow dilakukan untuk mengurai antrean lalu lintas kendaraan dari Jakarta yang hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat maupun ke arah Jawa Tengah.

"Satu lajur kami gunakan untuk contraflow jalur Bandung," ucap Eddy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.