Kemenhub Berangkatkan 2.120 Pemudik Gratis dan Disabilitas di Terminal Pulogebang

Oleh Nanda Perdana Putra pada 21 Des 2019, 12:24 WIB
Diperbarui 21 Des 2019, 12:24 WIB
Mudik Gratis di Terminal Bus Pulogebang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan 2.120 pemudik gratis melalui Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Disediakan juga bus khusus untuk mengantar para disabilitas.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi menyampaikan, pemberangkatan mudik gratis disabilitas menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjadi yang pertama kali dilakukan.

"Biasanya menggunakan bus pariwisata. Tapi sekarang bekerjasama dengan perusahaan otobus di terminal," tutur Budi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/1/2/2019).

Budi menyebut, ada 55 bus yang disediakan untuk menuju sejumlah wilayah. Di antaranya Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Purwokerto.

"Sebetulnya pemerintah siapkan angkutan bus ini bukan sekedar membantu saja, tapi juga berharap di 2020 ada perubahan fundamental terhadap cara pandang masyarakat untuk angkutan bus," jelas dia.

Untuk disabilitas, lanjutnya, ada 20 orang diberangkatkan hari ini dengan menggunakan dua bus ramah anak dan disabilitas. Sementara nanti disusul lagi 30 pemudik penyandang disabilitas pada 26 Desember 2019.

"Ada yang sebelumnya 17 orang disabilitas yang mudik ke Medan dan NTT kami berangkatkan dengan pesawat. Ada di antara mereka yang 16 tahun tidak pernah kembali ke NTT," Budi menandaskan.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓