Puncak Arus Mudik Natal, Tol Trans Jawa Berlaku Satu Arah Besok

Oleh Liputan6.com pada 20 Des 2019, 22:57 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 22:57 WIB
Tol Cikampek Macet Parah di Puncak Arus Mudik

 

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan sistem satu arah atau one way di Jalan Tol Trans-Jawa dalam rangka mengantisipasi kemacetan libur Natal 2019. Sistem satu arah itu akan diberlakukan sepanjang Sabtu 21 Desember 2019 besok.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, sistem satu arah akan diberlakukan mulai dari kilometer 70 Cikampek Utama, Jawa Barat hingga kilometer 414 Kalikangkung, Jawa Tengah. Pemberlakuan one way dilakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

"Hanya besok pagi jam 7 (pagi) hingga jam 18.00 WIB, itu (one way) pasti kami berlakukan (selama) 11 jam," kata Istiono di Gedung NTMC Polri, Jakarta Timur, Jumat (20/12/2019).

Alasan diberlakukannya sistem satu arah untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan para pemudik dari arah Jakarta ke Jawa. Apalagi diprediksi puncak arus mudik Natal akan terjadi pada besok tanggal 21 dan 22 Desember 2019.

Jenderal bintang dua ini berharap pemudik atau wisatawan dalam rangka libur Natal dapat memanfaatkan sistem satu arah dengan baik. Karena itu, dia mengimbau pemudik tidak tergesa-gesa selama dalam perjalanan menuju ke tempat tujuannya.

"Baiknya besok pagi start (mudik) tidak usah buru-buru, santai saja. (Hari) Minggu masih bisa melaksanakan ibadah," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Potensi Titik Kepadatan

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai adanya titik kepadatan pada kilometer 48 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang merupakan pertemuan arus antara jalan Tol Japek jalur bawah dan elevated (atas).

"Itu kilometer 48 ada bottleneck jalur bawah," tandasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓