Sukses

Akan Dilantik, Pimpinan Baru KPK Hadir di Istana

Jelang pelantikan lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah hadir sekitar pukul 11.54 WIB di Istana Kepresidenan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelantikan lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah hadir sekitar pukul 11.54 WIB di Istana Kepresidenan. Nampak hadir Firli Bahuri dan Alexander Marwata yang sudah siap mengenakan jas serta dasi merah. Mereka hadir menggunakan bus kecil berwarna biru.

"Yang mau pelantikan duluan, yang enggak pelantikan belakangan, kita mau salat dulu ya," kata Firli saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik lima pimpinan KPK periode 2019-2023. Lima pimpinan KPK tersebut yaitu Irjen Firli Bahuri (Kepala Polda Sumatera Selatan), Nawawi Pomolango (hakim di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali).

Kemudian Lili Pintauli Siregar (Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban/LPSK) periode 2013-2018), Nurul Ghufron (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember), Alexander Marwata (komisioner KPK sekaligus mantan hakim tindak pidana korupsi).

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantik Dewan Pengawas

Sementara lima dewan pengawas hingga saat ini belum diketahui nama yang pasti. Jokowi sebelumnya menyebutkan beberapa nama yang jadi kandidat dewan pengawas. Beberapa nama yang disebut adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, hakim Albertina Ho, dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12) seperti dikutip Antara.

"Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," tambah Presiden sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequrachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.