Sukses

Jelang Pelantikan Pimpinan Baru, Gedung KPK Banjir Karangan Bunga

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023 dilantik di Istana siang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelantikan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019) siang ini, sejumlah karangan bunga bertengger di sepanjang jalan sekitaran Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 10.00 WIB, karangan bunga ucapan selamat kepada Firli Bahuri mengular di Jalan Kuningan Persada. Hanya saja, belum tampak kiriman mengatasnamakan pejabat negara atau yang mewakili instansi pemerintahan.

Kendaraan dinas kepolisian juga terparkir di lokasi. Petugas Sabar apel di halaman Gedung KPK sekitar pukul 09.30 WIB.

Belum tampak adanya komisioner terpilih yang tiba di Gedung KPK. Sementara rencananya, baik pimpinan KPK yang lama dan baru akan bersama-sama ke Istana Negara dari gedung lembaga antirasuah tersebut.

Hal itu sebelumnya dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

"Iya kami bareng-bareng ke Istana," tutur Laode di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis 19 Desember 2019.

Mereka yang akan berangkat bersama Komisioner KPK periode 2015-2019 yakni Ketua KPK Agus Rahardjo bersama para wakilnya yaitu Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Saut Situmorang.

Kemudian Pimpinan KPK baru periode 2019-2023 yakni Komjen Firli Bahuri sebagai ketua dan para wakilnya yaitu Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron. 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sertijab

Menurut Laode, usai pelantikan di Istana Negara, mereka kemudian kembali lagi ke Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dari kantor (bersama). Dari Istana kembali lagi (ke Gedung KPK) untuk sertijab," jelasnya.

Pelantikan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Setelah serah terima jabatan atau sertijab di Gedung KPK, para komisioner yang baru pun resmi bekerja menempati kantor lembaga antirasuah tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.