Sukses

Kulit Kerang Wakil Ketua KPK Laode untuk Komisioner Baru

Atas nama pribadi, Laode mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada kelima pimpinan KPK periode 2015-2019.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengaku sudah dari jauh hari beres-beres ruang kerjanya di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Dia pun menyiapkan hadiah untuk komisioner terpilih periode 2019-2023 yang menempati kantornya.

"Ada saya punya kerang, kulit kerang yang besar, akan didapat oleh komisioner yang tempati ruangan saya nanti. Saya tulis pesan di situ," kata Laode di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Laode menyebut, selain kulit kerang tersebut, barang pribadinya sudah diangkut seluruhnya sejak sepekan yang lalu.

"Sebenarnya barang saya nggak banyak yang saya kemas. Buku saja, memang banyak buku. Kemarin raket, bola basket, sudah dibawa pulang. Mungkin besok yang terakhir, tempat bikin kopi saya, akan saya bawa pulang," tutur pimpinan KPK ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat ke KPK

Atas nama pribadi, Laode mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada kelima pimpinan KPK periode 2015-2019. Tidak lupa dia menyampaikan permohonan maaf atas setiap kekurangan selama memberantas korupsi lima tahun ini. Selain itu, tidak lupa juga terhatur pesan saat perpisahan bersama para pegawai KPK.

"Kami berlima bilang, perlawanan memberantas korupsi ialah perjuangan maraton, kami ajak untuk optimis. Undang-Undang KPK bisa berubah, tapi semangat seluruh pegawai untuk cegah dan berantas korupsi harus tetap kuat, bahkan harus lebih kuat," kata Laode.

Usai jabatannya di KPK, Laode akan sibuk beraktivitas di lingkungan kampus. Menyebarkan semangat antikorupsi dan menanamkannya ke seluruh generasi muda bangsa.

"Ngajar dan bikin program antikorupsi," Laode menandaskan.

 

3 dari 3 halaman

Berangkat Pelantikan Bersama

Pelantikan Komjen Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 akan dilaksanakan pada Jumat 20 Desember 2019. Rencananya, seluruh Komisioner KPK dan yang terpilih akan berangkat bersama ke Istana Negara, Jakarta.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyampaikan, mereka akan memulai keberangkatan dari Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Iya kami bareng-bareng ke Istana," tutur Laode di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Mereka yang akan berangkat bersama Komisioner KPK periode 2015-2019 yakni Ketua KPK Agus Rahardjo bersama para wakilnya yaitu Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Saut Situmorang.

Kemudian Pimpinan KPK baru periode 2019-2023 yakni Komjen Firli Bahuri sebagai ketua dan para wakilnya yaitu Alex­ander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Menurut Laode, acara di Istana Negara kemudian kembali lagi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dari kantor (bersama). Dari Istana kembali lagi (ke Gedung KPK) untuk sertijab," jelasnya.

Nantinya, pelantikan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Setelah serah terima jabatan atau sertijab di Gedung KPK, para komisioner yang baru pun resmi bekerja menempati kantor lembaga antirasuah tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.