Sukses

Pimpinan KPK Lama dan Baru Berangkat Bersama ke Pelantikan di Istana Besok

Menurut Laode, setelah pelantikan di Istana Negara, pimpinan KPK kemudian kembali lagi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan untuk sertijab.

Liputan6.com, Jakarta Pelantikan Komjen Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 akan dilaksanakan pada Jumat 20 Desember 2019. Rencananya, seluruh Komisioner KPK dan yang terpilih akan berangkat bersama ke Istana Negara, Jakarta.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyampaikan, mereka akan memulai keberangkatan dari Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Iya kami bareng-bareng ke Istana," tutur Laode di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Mereka yang akan berangkat bersama Komisioner KPK periode 2015-2019 yakni Ketua KPK Agus Rahardjo bersama para wakilnya yaitu Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Saut Situmorang.

Ketua KPK terpilih Agus Rahardjo (tengah), Wakil Ketua Laode Muhammad (kiri), Alexander Marwata (kedua kiri), Basaria Panjaitan (kedua kanan) dan Saut Situmorang sebelum pelantikan, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12) (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Kemudian Pimpinan KPK baru periode 2019-2023 yakni Komjen Firli Bahuri sebagai ketua dan para wakilnya yaitu Alex­ander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Menurut Laode, acara di Istana Negara kemudian kembali lagi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dari kantor (bersama). Dari Istana kembali lagi (ke Gedung KPK) untuk sertijab," jelasnya.

Nantinya, pelantikan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Setelah serah terima jabatan atau sertijab di Gedung KPK, para komisioner yang baru pun resmi bekerja menempati kantor lembaga antirasuah tersebut.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agus Rahardjo Bereskan Ruangan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengaku telah membereskan ruang kerjanya untuk nanti ditempati oleh Komjen Firli Bahuri.

"Benah-benahnya sudah selesai, buku-buku sudah saya bawa pulang," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Menurut Agus, barang pribadinya hanya sedikit dan cukup dibawa menggunakan sekitar tiga dus kecil. Sementara tinggal dokumen dalam bentuk digital saja yang akan diurus.

"Tinggal mengosongkan file di PC kantor dan laptop kantor. Besok mengosongkan data di handphone kantor," jelas dia.

Sambil bercanda, Agus berterima kasih kepada media yang membuatnya peduli dengan penampilan. Pasalnya, posisinya sangat strategis sehingga mudah dikenal oleh publik.

"Sebelumnya saya nggak biasa (pakai topi). Tapi gara-gara kalian, saya jadi lebih se­ring pake topi ke mana-mana," kata Agus.

Dia pun mengaku tidak bermaksud mencari kesibukan jelang masa pensiunnya ini. Agus memilih untuk membuka kesempatan bagi para generasi muda untuk berpartisipasi memajukan Indonesia.

"Kalau masih melamar ke sana ke mari kan rasanya nggak elok ya. Kesempatan yang muda-muda ya. Jadi saya akan menjalani takdir saja lah," Agus Rahardjo menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.