Sukses

Sandiaga Ajak Milenial Berani Ambil Risiko untuk Bangun Usaha

Menurut Sandiaga, risiko juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam membangun usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kembali membagikan kiat sukses membangun usaha kepada generasi milenial. Sandiaga menyebut, berani mengambil risiko adalah modal pertama membangun usaha.

"Masa muda adalah masa yang fleksibel. Ketika gagal, kita masih punya cukup usia untuk kembali mencoba," ujar Sandiaga di acara Creator Nation, Gorontalo, Rabu (18/12/2019).

Di depan peserta yang mayoritas mahasiswa itu, Sandiaga mengatakan bahwa mengambil risiko di usia muda adalah langkah tepat bagi orang yang ingin sukses. Sebab, kegagalan bisa menjadi pelajaran berharga untuk menentukan langkah berikutnya.

Selain itu, risiko juga bisa menambah kepercayaan diri dalam membangun usaha. Artinya ketika risiko yang diambil berhasil, maka saat itulah kepercayaan diri akan tumbuh.

"Sering kali orang takut mengambil risiko karena mereka tidak memahami ilmunya," kata Sandiaga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bumikan Silaturahmi

Sandiaga juga mengatakan bahwa silaturahmi perlu diperhatikan dalam membangun usaha untuk menuju kesuksesan. Silaturahmi adalah pintu keberkahan rezeki bagi orang-orang yang mengamalkannya. Sehingga perlu dibumikan dalam membangun ekonomi Indonesia.

Apalagi bentuk ekonomi Indonesia saat ini adalah berbasis silaturahmi yang mengangkat pola kolaborasi.

"Era ini bukan lagi era kompetisi melainkan sudah menjadi era kolaborasi. Sehingga entrepreneur yang sukses harus mampu berkolaborasi dengan badan usaha lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk memperluas daerah usaha yang sedang dibangun," terang Sandiaga.

Sandi menambahkan, langkah yang tepat dalam memilih teman usaha yaitu harus punya visi jangka panjang dan sesuai dengan visi kita dalam membangun usaha. Sebab kesamaan tujuan akan menciptakan kenyamanan tersendiri antara kedua pihak dalam bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.