Sukses

Sedang Santai di Teras Rumah, Warga Bogor Ini Dikagetkan Ular Kobra

Ular tersebut akhirnya berhasil ditangkap dan dimasukkan ke dalam toples.

Liputan6.com, Bogor - Seekor ular jenis kobra masuk ke halaman rumah warga Kampung Kayumanis RT03/01, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (18/12/2019) siang. Anak ular sepanjang 35 sentimeter ini mengagetkan Wandi Sugianto (53), pemilik rumah.

Keberadaan ular berwarna hitam ini juga sempat membuat geger warga sekitar. Terlebih sebelumnya warga sempat menemukan sejumlah anak ular kobra di kebun yang ada di sekitar rumah mereka.

Menurut Wandi, kala itu ia sedang duduk santai di kursi sambil menikmati segelas kopi di teras rumahnya sekitar pukul 12.00 WIB. Saat asyik menyeruput kopi, tiba-tiba ia dikejutkan dengan seekor ular sedang diam di lantai, yang jaraknya sekitar 20 sentimeter dari telapak kakinya.

"Saya lagi santai habis bersihin kebun, tiba-tiba di depan saya ada ular. Saya reflek angkat kaki naik ke atas kursi karena takut digigit," kata Wandi.

Setelah ular itu mengarah ke pojok halaman rumahnya, Wandi berlari ke dapur mengambil tongkat untuk menangkap ular berbisa itu. Ular tersebut akhirnya berhasil ditangkap dan dimasukkan ke dalam toples.

"Nangkep sendiri dengan cara dipukul pakai gagang pel, kepalanya langsung saya masukin ke toples," ujar Wandi.

Karena khawatir masih ada anak ular yang masuk ke dalam rumahnya, ia lantas membersihkan seluruh sudut ruangan mulai dari ruang tamu, kamar hingga dapur.

"Tadi inisiatif langsung saya bongkar semua, termasuk alang-alang dan tumpukan barang-barang yang ada di sekeliling rumah saya bersihkan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penemuan Telur Ular

Adanya penemuan ular tersebut, warga memanggil petugas BPBD Kota Bogor untuk melakukan pencarian anak ular di sekitar rumah warga.

"Tadi sudah ada dua orang anggota BPBD nyisir lokasi, tapi nggak nemuin ular," ujar Wandi.

Sebab, beberapa hari sebelumnya warga di kampung itu pernah menangkap kurang lebih tujuh ekor anak ular saat kerja bakti di sekitar lahan kosong.

Tak hanya itu, warga juga sempat menemukan sekitar 10 butir telur kobra berikut bekas kulit ular di dalam lubang yang diyakini menjadi sarang ular kobra. Sisa telor ular tersebut oleh warga dimasukkan ke dalam botol bekas air mineral. Sedangkan sarang berikut bekas kulit ular itu langsung dibakar warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.