Jokowi Resmikan TPA Manggar: Ini yang Terbaik di Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 18 Des 2019, 10:53 WIB
Diperbarui 18 Des 2019, 10:53 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru
Perbesar
Presiden Joko Widodo memantau pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Sumatra Barat, Jumat , (9/2). Jalan tol ini diperkirakan akan memberi dampak positif terhadap perekonomian Sumatra Barat dan sekitarnya. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Jokowi meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (18/12/2019). TPA sampah Manggar itu diproyeksikan dapat memproduksi sekitar 360 ribu kiloton gas metana.

Dia menyebut, proses pengolahan sampah di TPA Manggar ini adalah yang paling baik di Indonesia. Bahkan, ia menyebut TPA Manggar tidak berbau.

"Menurut yang saya lihat, di kota-kota lain saya kira ini adalah pemprosesan akhir sampah yang paling baik di Indonesia, hijau, tidak bau," kata Jokowi saat meresmikan TPA Manggar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Dia juga mengatakan, pembangunan TPA tersebut tidak memakan biaya yang banyak. Jumlanya kurang lebih Rp 160 miliar.

"Saya lihat juga tidak memakan biaya yang begitu banyak, ini berapa pak? 160 miliar," ungkap Jokowi.

TPA Manggar diklaim merupakan tempat pengolahan sampah yang modern karena dilengkapi dengan teknologi sanitary landfill.

Teknologi tersebut mampu menghancurkan sampah dengan baik, serta mengubah air lindi untuk dijadikan gas metana, dan bisa dimanfaatkan warga sekitar TPA untuk memasak.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓