Sukses

Jokowi: Tol Pertama di Kalimantan Hemat 2 Jam Perjalanan Balikpapan-Samarinda

Perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda atau sebaliknya biasanya memerlukan waktu sekitar tiga jam.

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Jokowi menyatakan, tol pertama di Pulau Kalimantan ini sangat menghemat jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda.

Menurut Jokowi, biasanya masyarakat harus menempuh waktu kurang lebih tiga jam untuk menuju Samarinda dari Balikpapan. Dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda hanya butuh waktu sekitar satu jam, atau bisa dibilang hemat dua jam.

"Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau 1 jam seperempat. Sehingga sekali lagi kecepatan efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan," kata Jokowi usai peresmian Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Adapun jalan tol yang diresmikan Jokowi adalah seksi II, III, IV dan memiliki panjang 99,3 kilometers. Dia menyebut ada dua seksi lagi yang saat ini masih dikerjakan dan diharapkan dapat rampung paling lambat April 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap jalan tol Balikpapan-Samarinda ini dapat memperlancar pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur. Sebab, dua kota ini merupakan kota kegiatan bisnis.

"Dan ini juga akan menciptakan ketersambungan yang saling melengkapi yang tadi sudah saya sampaikan yang sebelumnya ditempuh tiga jam sekarang jadi satu jam atau satu jam lebih sedikit," jelas dia.

Jokowi mengatakan jalan tol ini juga akan mendorong kawasan-kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, komiditas batubara, minyak gas, dan komiditas pertanian. Dia ingin kawasan industri ini dapat terhubung dengan kawasan distribusi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Tol Pertama

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,35 km. Jalan tol ini terdiri atas 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,025 km). Lalu, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,975 km), Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran (17,300 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (17,550 km), dan Seksi V Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,500 km).

Pembangunan Seksi I dan V dengan total panjang 33,115 Km melalui pendanaan oleh Pemerintah. Namun untuk pelaksanaan pembangunannya diserahkan kepada PT JBS. Sementara Pembangunan Seksi II, III, dan IV sepanjang 66,235 km dibiayai sekaligus dilaksanakan oleh PT JBS.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang akan menjadi cikal bakal pembangunan infrastruktur lainnya guna mengembangkan suatu kawasan ekonomi terpadu.

Nantinya, jalan tol ini juga akan terhubung langsung dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, 11 km dari Balikpapan.

Diharapkan, rampungnya pengerjaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru, serta turut mendukung percepatan distribusi barang dan jasa antara dua kota tersebut guna memangkas waktu perjalanan non jalan tol yang sebelumnya mencapai 3-4 jam menjadi hanya 1 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.