Sukses

Divisi Humas Polri Akan Berubah Jadi Badan Humas

Iqbal mengatakan, akan ada posisi Wakil Kepala Badan dan Kepala Bidang Humas berpangkat bintang tiga.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Humas Polri akan berubah menjadi Badan Humas Polri. Perubahan tersebut ditargetkan rampung dalam satu tahun ke depan.

"Insyaallah. Mudah-mudahan kalau kajian nggak panjang dan semua aspek mendukung paling lambat satu tahun ke depan," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut Iqbal perubahan Badan Humas Polri tersebut atas perintah langsung Kapolri Jenderal Idham Azis. Dia menjelaskan jika diubah menjadi badan, maka secara otomatis akan dipimpin oleh bintang tiga.

"Saya sudah langsung berlari kencang melaksanakan perintah Pak Kapolri. Menyusun naskah akademik sudah selesai dan diserahkan ke Kapolri. Pak Kapolri memerintahkan kembali Asrena dan tim mengkaji lebih lanjut," jelas dia.

Iqbal mengatakan, akan ada posisi Wakil Kepala Badan dan Kepala Bidang Humas berpangkat bintang tiga. Nomenklatur Kepala Biro juga akan berubah menjadi Direktur.

"Ini berubah Karo jadi Direktur Penerangan, Direktur informasi, Direktur Pemberitaan, Direktur Pemberitaan. Di bawahnya nanti ada Karo, ada dua Karo. Karo Renmin dan Karo Binops," ujar Kadiv Humas Polri ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Apa Tugasnya?

Iqbal mengatakan, fungsi humas tidak lagi sebagai fungsi utama. Melainkan akan ada Ops Kepolisian terpusat yang akan dibuat oleh Humas, seperti Ops Zebra fungsi lalu lintas.

"Nanti ada Ops Humas," kata dia.

Dia menjelaskan, nanti tidak akan ada lagi kepala bidang. Karena menurut Iqbal fungsi utama akan dijalankan oleh Direktur Humas. Sementara di bawahnya akan ada Kasubdit.

"Di Polres kita harapkan jadi kepala satuan jadi berevolusi menjadi fungsi Ops. Pak Kapolri bukan spontan tapi mengkaji melihat era sekarang membutuhkan Humas Polri berkembang untuk melayani masyarakat dan tugas pokok Kepolisian," beber Iqbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.