Nasdem: Popularitas Gibran dan Bobby Nasution Tak Perlu Diragukan

Oleh Liputan6.com pada 16 Des 2019, 14:04 WIB
Diperbarui 16 Des 2019, 14:04 WIB
Gibran Berangkat Mendaftar Cawalkot Solo Via DPD PDIP Jateng
Perbesar
Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar sebagai Cawalkot Solo sedang menyalami para relawan yang akan mendampingi berangkat ke Semarang.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Nasdem Saan Mustofa memprediksi, putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi unggulan dalam Pilkada Solo 2020. Menurut Saan, dari segi popularitas dan basis pendukung, Gibran tak perlu diragukan.

"Terkait Gibran misalnya secara popularitas tentu sebagai putra tokoh dan selalu hadir di publik tingkat popularitasnya tak harus diragukan," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Tak hanya Gibran, menantu Jokowi, Bobby Nasution juga berencana maju dalam Pilkada Kota Medan. Gibran dan Bobby sama-sama mendaftarkan diri sebagai bakal calon dari PDI Perjuangan.

Saan menilai, bakal mudah mendorong dua nama tersebut di masing-masing daerah. Pertama, daerah mereka maju merupakan tempat asal. Apalagi di Solo, merupakan basis pendukung PDIP dan Jokowi.

"Di Solo, basis utamanya, basis pak Jokowi, PDIP pasti punya sisi tiga hal tak perlu diragukan. Tentu bagi para parpol lebih ringan untuk mendorong calon seperti Gibran," kata dia.

Sementara, nama Bobby juga populer di Medan. Sebab, menurut Saan, tempat asal keluarga besar Bobby.

"Sama seperti Bobby asli Medan, keluarga besarnya di sana, lalu punya bobot lain juga lebih mudah dan jadi pertimbangan bagi parpol," lanjut Saan.

2 dari 3 halaman

Daftar Calon Wali Kota

Gibran saat menyapa pendukungnya yang di depan kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)
Perbesar
Gibran saat menyapa pendukungnya yang di depan kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka yang sempat tidak bisa mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo lewat DPC PDI Perjuangan Solo, akhirnya berhasil mendaftarkan diri lewat partai banteng moncong putih.

Ditemani keluarga dan relawan, Gibran mendaftarkan diri pada Kamis (12/12/2019) tepat jam 12.00 WIB. Diterima Baginda, ketua tim pendaftaran calon Bupati dan Walikota di DPD PDI Perjuangan Provinsi Jateng, Gibran menyatakan datang ke Panti Marhaen untuk mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota.

"Terima kasih saya telah diterima di kantor DPD PDI  Perjuangan Jawa Tengah. Maksud dan tujuan saya datang ke sini adalah untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo," kata Gibran Rakabuming Raka saat diterima tim pendaftaran DPD PDI Perjuangan.

Gibran yang datang pukul 12.00 WIB menyerahkan persyaratan satu menit kemudian. Menerima berkas pendaftaran, selang 5 menit tanpa berpindah tempat Gibran langsung mengembalikan berkas yang seharusnya diisi.

Usai menerima pengembalian berkas, Baginda, Ketua tim pendaftatan DPD PDI Perjuangan Provinsi Jateng menjelaskan akan melakukan pengecekan berkas. 

Pukul 12.24 WIB Gibran didampingi ketua tim pendaftaran langsung menggelar keterangan pers. Di mana, hasil pengecekan kelengkapaan berkas Gibran dinyatakan lengkap sehingga Gibran dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo.

"Setelah melalui verifikasi tim di DPD, semua berkas telah dipenuhi. Artinya Mas Gibran sah sebagai bakal calon Wali Kota," ungkap Baginda yang disambut riuh pendukung Gibran yang hadir di Aula Panti Marhaen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓