Sukses

PMI Gelar Munas Hari Ini untuk Memilih Ketua Umum 2019-2024

Munas PMI akan dibuka Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan akan berlangsung selama tiga hari, 16-18 Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-XXI tahun 2019 di Jakarta, mulai Senin (16/12/2019) pagi. Munas XXI PMI akan mengangkat tema 'Kerja Bersama untuk Kemanusiaan' yang berarti PMI bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan.

"Tema ini mengedepankan PMI bekerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat sesuai mandat utama PMI, yaitu auxilary to the Government atau membantu pemerintah dalam kerja kemanusiaan," kata Sasongko Tedjo selaku Ketua Penyelenggara Munas XXI PMI.

Dia mengatakan, Munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi PMI yang dilaksanakan setiap lima tahun. Munas akan diikuti oleh 800 peserta yang berasal dari unsur pengurus PMI di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

"Selain itu, perwakilan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah serta Komite Internasional Palang Merah juga direncanakan mengikuti Munas," ujar Sasongko.

Munas PMI akan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan akan berlangsung selama tiga hari, 16-18 Desember 2019.

"Agenda utama Munas adalah pemilihan Ketua Umum PMI beserta kepengurusan periode 2019-2024," ujar Sasongko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Jusuf Kalla

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusan PMI tahun 2014-2019.

Munas juga akan membahas pokok-pokok kebijakan rencana strategis PMI tahun 2019-2024 untuk terus melakukan kegiatan kepalangmerahan sesuai dengan amanat UU No 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan UU Kepalangmerahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.