Sukses

Kebakaran Rumah di Cipete Utara, 16 Mobil Damkar Diterjunkan

Penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda pemukiman di Jalan Kirai, RT 02 RW 08, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Minggu (15/12/2019). Akibatnya, tiga rumah ludes dilahap si jago merah.

Komandan Pleton Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sektor Pasar Minggu, Ruwanto mengataka, selain menghanguskan tiga unit, api juga membakar sebuah sepeda motor yang terparkir di salah satu rumah.

"Sumber api dilaporkan dari colokan mesin cuci yang korslet memercikkan api hingga menyambar ke yang lain," kata Ruwanto seperti dilansir dari Antara, Minggu (15/12/2019).

Ketiga rumah tersebut dihuni oleh tiga kepala keluarga yakni Roise (41) beprofesi sebagai pedagang sayur, Sahbana (61) pensiunan PNS, dan Trio Andariyanto (22) pekerjaan swasta.

Menurut keterangan saksi, kata Ruwanto, api muncul saat warga sedang membenarkan sepeda motor di depan rumahnya. Warga tersebut kemudian melihat ada percikan api yang menyala dari colokan listrik samping mesih cuci.

"Percikan api tersebut mengenai gas yang terletak tidak jauh dari percikan api tersebut seketika itu menimbulkan kobaran api hingga mengenai tumpukan koran yg berada di dekat mesin cuci," kata Ruwanto.

Api lantas menyambar sepeda motor yang terparkir di rumah warga, hingga seluruh body motor terbakar.

"Saksi Trio mencoba mencari pertolongan sambil berusaha memadakan api dibantu pemilik rumah lainnya," ucap Ruwanto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerugian Rp 600 Juta

16 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api, dibantu 96 petugas gabungan dari Damkar, Kelurahan Cipete Utara, Dishub, Satpol PP, PPSU, dan Polsek Keramat Pela.

"Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 13.30 WIB. Api berhasil dipadamkan pada pukul 15.10 WIB," kata Ruwanto.

Akibat kebakaran total kerugian yang dialami ketiga penghuni rumah mencapai Rp 600 juta rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.