Sukses

Indonesia Berkabung, 6 Tokoh Inspiratif Berpulang di Tahun 2019

Para tokoh yang wafat di tahun 2019 berasal dari berbagai latar belakang. Ada tokoh agama, budayawan, teknokrat, istri dari tokoh politik, juga seniman.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam peristiwa mewarnai hari-hari tahun 2019. Tak hanya suka, suasana duka juga mewarnai perjalanan Indonesia.

Ada sejumlah tokoh inspiratif Indonesia yang sudah mendahului kita. Mereka meninggal dunia setelah menderita sakit. Indonesia pun berkabung atas kepergiannya.

Para tokoh yang wafat di tahun 2019 berasal dari berbagai latar belakang. Ada tokoh agama, budayawan, teknokrat, istri dari tokoh politik, juga seniman.

Berikut tokoh-tokoh inspiratif Indonesia yang berpulang di tahun 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ustaz Arifin Ilham

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia, Rabu (22/5/2019). Pengasuh Pondok Pesantren Azzikra itu mengembuskan napas terakhir pukul 22.50 WIB.

Kabar itu disampaikan oleh putra Arifin Ilham, Alvin Faiz, dalam akun Instagramnya.

"Innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulisnya, Rabu malam.

Menurut dia, jenazah Arifin Ilham akan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor. Namun, dia tidak menyebut kapan jenazah ustaz kondang itu ke Tanah Air dari Malaysia.

"Insya Allah secepatnya Abi dipulangkan dari malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra gunung sindur bogor," infonya.

Dia pun meminta agar masyarakat memaafkan segala perkataan dan perbuatan Arifin Ilham semasa hidupnya.

"Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah," kata Alvin.

Sebelum meninggal dunia, Ustaz Arifin Ilham divonis menderita penyakit kanker sehingga beberapa kali harus dirawat di rumah sakit. Ustaz Arifin meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia.

Selengkapnya baca di sini

 

 

3 dari 7 halaman

2. Ani Yudhoyono

Kabar duka datang dari keluarga Susilo Bambang Yudhoyono. Sang istri tercinta, Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura.

Tim Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengonfirmasi kabar duka tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Ibu Ani pada pukul 11.50 waktu Singapura. Semoga almarhumah husnul khotimah," demikian pesan singkat yang diterima oleh Redaksi Liputan6.com.

Putri Sarwo Edhie Wibowo itu tutup usia setelah menjalani perawatan kanker darah di National University Hospital Singapura sejak Februari 2019.

Jenazah Ani Yudhoyono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Selengkapnya baca di sini

 

4 dari 7 halaman

3. Sutopo Purwo Nugroho

Kabar duka datang dari Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Pria 49 tahun itu meninggal dunia di Guangzhou, China pada Minggu (7/7/2019) dinihari WIB.

Sutopo tutup usia pada pukul 02.00 waktu Guangzhou. Kabar meninggalnya Sutopo diungkap Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB via Twitter.

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," kicau Direktorat PRB.

Seperti diketahui, Sutopo sebelumnya menderita penyakit kanker paru-paru. Sutopo pertama kali di diagnosis kanker paru-paru pada Desember 2017.

Meski menderita kanker paru-paru, Sutopo masih terus bertugas memberikan informasi mengenai bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Sutopo berangkat ke China sejak Sabtu (15/6/2019). Disana Sutopo mengobati kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lainnya. Jenazah Sutopo dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.

Baca selengkapnya di sini.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Maimun Zubair

Kabar duka lainnya datang dari ulama besar dan juga politikus Kiai Haji Maimun Zubair atau Mbah Moen.

Mbah Moen wafat di Makkah al Mukaromah, Selasa 9 Agustus 2019, pukul 04.17 waktu setempat.

"Iya betul, kami dapat info duka yang mendampingi beliau selama di Makkah. Kami sangat kehilangan beliau. Dua hari lalu saya masih sempat sowan beliau dan masih sehat walafiat," kata Ahmad Baidowi, Wakil Sekjen DPP PPP, kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (6/8/2019).

Baidowi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menuju ke rumah sakit di mana Mbah Moen menghembuskan napas terakhirnya. Jenazah Mbah Moen dimakamkan di Arab Saudi.

Selengkapnya baca di sini.

 

6 dari 7 halaman

5. BJ Habibie

Indonesia berduka. Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada pukul 18.05 WIB, Rabu 11 September 2019. Kabar tersebut disampaikan Thareq Habibie.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019.

Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," ujar Azis Rani, Selasa (11/9/2019)

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI ini sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Jenazah BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Selengkapnya baca di sini.

7 dari 7 halaman

6. Arswendo Atmowiloto

Kabar duka datang dari sastrawan Arswendo Atmowiloto. Arswendo meninggal dunia di kediamannya di Komplek Kompas, Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019), sekitar pukul 17:50 WIB.

Sebelumnya, Arswendo Atmowiloto memang dikabarkan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pertamina Pusat, Jakarta karena penyakit kanker prostat. Kesehatan Arswendo Atmowiloto sempat naik turun.

Seperti dikabarkan oleh Rudolf Puspa, rekan Arswendo Atmowiloto yang juga merupakan seniman teater melalui akun Twitter-nya, Senin (24/6/2019) kemarin.

"Arswendo dua bulan ini terkena kanker prostat. Sudah dua kali dioperasi. Kondisinya tadi pagi drop, dibawa dengan ambulans ke RS Pertamina. Mohon doa ya," tulis Rudolf pada akun Twitternya.

Jenazah Arswendo dimakamkan di Sandiago Hills, Karawang, Jawa Barat.

 

Selengkapnya baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.