Sukses

Hati-Hati, Gelombang Tinggi Saat Libur Natal dan Tahun Baru di Banten

Wisatawan diminta memperhatikan cuaca saat akan berlibur Natal dan tahun baru ke Banten.

Liputan6.com, Serang - Libur Natal dan tahun baru akan diwarnai oleh hujan deras dan gelombang tinggi di perairan Selat Sunda dan Banten bagian selatan. Bahkan ketinggian ombaknya mencapai empat meter.

"Untuk libur Natal dan tahun baru, diprediksi mengalami hujan ringan sampai deras. Karena di Desember, sudah memasuki musim penghujan," kata Prakirawan BMKG Klas I Serang, Trias Asmarahadi, Serang, Jumat (13/12/2019).

Menurut dia, gelombang tinggi di perairan Selat Sunda terjadi di Merak, Anyer, hingga Carita.

Begitupun di perairan selatan Banten, seperti wilayah Pantai Labuan, Tanjung Lesung, Bagedur, hingga Sawarna.

Oleh karena itu, wisatawan diminta memperhatikan cuaca saat akan berlibur Natal dan tahun baru ke Banten.

"Ketinggian gelombang di Selat Sunda bagian Utara 0,5 meter hingga 1.25 meter. Lalu perairan Selat Sunda bagian Selatan dan perairan Selatan Banten, ketinggian gelombangnya mencapai 1,25 meter hingga 4 meter," tutur Trias.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantau Cuaca

Bagi masyarakat lokal Banten ataupun wisatawan luar daerah yang akan menghabiskan malam Natal dan tahun baru, diharapkan selalu memantau cuaca disitus resmi BMKG.

Jika bermain di pantai, agar terus memantau ketinggian gelombang, kecepatan angin dan hujan dilokasi liburan. Selain itu, diharapkan tidak bermain di lokasi wisata sendirian, terutama tetap menjaga anak kecil yang sedang bermain.

"Untuk masyarakat sebelum berlibur, khususnya di sekitar pesisir atau pantai, bisa update cuaca dan peringatan dini gelombang tinggi. Agar liburan di tahun ini bisa berjalan sesuai keinginan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.