Sukses

PDIP: Ada Kelompok Bawa Ideologi Baru yang Anti-Pancasila

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan ada sekelompok orang yang tak punya andil dalam membangun negara, tapi sudah ingin mengacaukan Indonesia dengan membawa ideologi baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan ada sekelompok orang yang tak punya andil dalam membangun negara, tapi sudah ingin mengacaukan Indonesia dengan membawa ideologi baru.

Hal ini diungkapkannya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Batam.

"Akhir-akhir ini ada kelompok yang tidak berkeringat yang tidak membangun republik, tetapi kemudian merasa sebagai pendiri republik hanya kerena suaranya lantang. Mereka membawa ideologi baru yang nyata-nyata anti-Pancasila," kata Hasto di Harmoni One Hotel, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (12/12/2019).

Dia menuturkan, penting untuk menelusuri sejarah darimana asal nilai-nilai Pancasila, yang digali dari Indonesia itu sendiri.

"Maka menelusuri sejarah itu penting untuk membangun kebanggan kita bahwa negara ini bangsa besar," jelas politisi PDIP.

Dia pun menceritakan bagaimana Pancasila itu lahir. "Kalau ingat akar sejarah, pada malam ini saya mau sampaikan tentang ideologi bangsa yang dipersoalkan oleh Rocky Gerung," tutur Hasto.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelahiran Pancasila

Dia mengungkapkan, Pancasila lahir dari pemikiran dalam Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno. Menurut Hasto, Bung Karno menggali dari kebudayaan Indonesia sehingga lahirlah Pancasila.

"Bung Karno menggali dari bumi Indonesia. Menggali dari seluruh sejarah peradaban Nusantara. Di dalam penggalian itu, Bung Karno menelusuri sebuah jejak sejarah yang luar biasa," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.