Sukses

Soal Nama Dewas KPK, Mahfud Md: Kalau Disebut Sekarang, Tak Ada Kejutan

Menko Polhukam Mahfud Md memastikan nama-nama Dewan Pengawas KPK sudah masuk kantong Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md memastikan nama-nama Dewan Pengawas KPK sudah masuk kantong Presiden Jokowi.

"Dewas KPK sudah sampai di kantong presiden," singkat Menko Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/12/2019), malam.

Terkain adanya kejutan dalam daftar nama Dewas KPK di kantong presiden, Menko Mahfud enggan berkomentar.

"Kalau saya sebut sekarang ndak ada kejutan namanya. Pokoknya," jelas dia.

Diketahui, Dewas KPK nantinya dirilis bersamaan dengan pergantian kepemimpinan lembaga antirasuah tersebut pada 20 Desember 2019. Nantinya lima komisioner sebelumnya, yakni Agus Rahardjo cs akan digatkan Komjen Firli Bahuri yang terpilih sebagai ketua baru KPK periode 2019-2023.

Saat ini, nama-nama Dewas KPK tengah beradar. Seperti Yusril Ihza Mahendra, Erry Riyana, dan Indriyanto Seno Ajdi. Namun hingga kini, nama-nama tersebut masih sebuah belum tervalidasi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sesuai UU Nomor 19 Tahun 2009 tentang KPK, dewan pengawas periode pertama akan dipilih langsung oleh Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tak merinci siapa saja sosok yang akan menjadi Dewan Pengawas lembag antirasuah itu. Nantinya, dewan pengawas akan diumumkan bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK periode 2019-2023 pada Desember 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.