Sukses

Bakohumas BIN Paparkan Tantangan Gerakan Deradikalisasi di Masyarakat

Minimnya sosialisasi terhadap penyederhanaan regulasi dan kebijakan Pemerinta menjadi celah bagi kelompok-kelompok tertentu mendiskreditkan niat baik dari kebijkan Pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat Badan Intelijen Negara (Bakohumas BIN) menggelar Forum Koordinasi dengan Humas Kementeriaan dan Lembaga (K/L) negara lainnya pada Kamis (12/12/2019) di Gedung Soekarno-Hatta, BIN.

Diskusi dengan tema Sinergitas Kehumasan Mengantisipasi Dampak Kebijakan Pemerintah, Penyederhanaan Regulasi Dan Deradikalisasi itu digelar sebagai bagian dari mengantisipasi kerawanan yang timbul dalam pelaksanan berbagai kebijakan Pemerintah salah satunya penyederhanaan regulasi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BIN, Zaelani mengatakan dalam periode kedua Pemerintahannya, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin bergegas untuk mewujudkan cita-cita menuju Indonesia maju.

Hal tersebut diupayakan melalui berbagai program prioritas pembangunan, termasuk kebijakan penyederhanaan regulasi dan birokrasi.

"Sosialisasi dan diseminasi informasi publik terkait berbagai Kebijakan Pemerintah, Penyederhanaan Regulasi dan Deradikalisasi perlu terus dilakukan guna meraih simpati dan dukungan publik”, ucap Zaelani.

Dia mengatakan, penyederhanaan regulasi dan birokrasi menjadi salah satu target pembenahan Pemerintah. Untuk mewujudkan itu, sejumlah tantangan terbentang, mulai dari adanya penolakan,  kurangnya minat investasi, hingga potensi terganggunya pelayanan publik.

Minimnya sosialisasi terhadap penyederhanaan regulasi dan kebijakan Pemerintah lainnya juga menjadi celah bagi kelompok-kelompok tertentu mendiskreditkan niat baik dari kebijkan Pemerintah tersebut.

Akibatnya, berbagai kebijakan Pemerintah tidak tersosialisasikan secara baik ke publik yang memicu respon apatis dan polemik di tengah masyarakat. Padahal berbagai kebijakan Pemerintah tersebut dimaksudkan untuk tujuan peningkatan pertumbuhan ekonomi negara guna memenuhi kebutuhan rakyatnya.

BIN melalui Forum koordinasi Bakohumas juga mendorong kepada seluruh Instansi negara untuk mengawal dan meningkatkan sosialisasi kebijakan Pemerintah secara tepat kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut harus dapat dikemas secara menarik dan sederhana sehingga dapat menjangkau masyarakat luas.

"Humas Kementerian dan Lembaga merupakan corong Pemerintah dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan dan pogram kerjanya,” kata dia.

Dalam Forum koordinasi tersebut, perwakilan K/L menyepakati untuk bersama-sama menyukseskan berbagai kebijakan Pemerintah. Dengan adanya kesamaan pandangan terhadap kebijakan Presiden dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, berbagai kendala seperti ketidakharmonisan akibat perbedaan persepsi dapat diminimalisasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimlkan Kerjasama

BIN berharap dengan digelarnya forum koordinasi Bakohumas antar kementerian dan lembaga negara dapat mengoptimalkan sosialisasi kebijakan Pemerintah, sekaligus memberikan literasi secara tepat dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kontribusi semua kalangan dalam menjalankan visi Indonesia maju. 

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan dari K/L negara diantaranya DPR RI, MPR RI, Bappenas, Puspen TNI, Humas Kepolisian, Bappenas, hingga Kemen Kominfo. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan internal BIN.

Adapun beberapa narasumber yang hadir yaitu, Juru Bicara Kepala BIN. Dr. Wawan Hari Purwanto, Dewan Pengawas LPP RRI, Dra. Dwi Hernuningsih, MA., dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo.Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE. M.Com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.