Sukses

PDIP Berharap Pengganti Ujian Nasional Cetak Pekerja Profesional

Andreas meminta Kemendikbud untuk menjelaskan metode asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Terutama menyangkut proses dan implementasi.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi X Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira berharap model baru pengganti ujian nasional (UN) harus memperhatikan hubungan dunia pendidikan dan dunia kerja. Supaya, mempersiapkan generasi muda yang siap kerja.

"Metode evaluasi dengan asesmen kompetensi minimum ini harus memperhatikan link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang siap masuk dunia kerja yang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari lembaga pendidikan dan bidang kerja yang dibutuhkan untuk melahirkan tenaga-tenaga kerja profesional," ujar Andreas kepada wartawan, Kamis (12/12).

Andreas meminta Kemendikbud untuk menjelaskan metode asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Terutama menyangkut proses dan implementasi.

"Sehingga tetap ada pola dan standardisasi yang menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dan para guru yang menjadi ujung tombak proses pendidikan Indonesia," kata dia.

Andreas juga mengingatkan, Kemendikbud harus mempersiapkan para tenaga pendidik dan infrastruktur pendidikan.

"Seperti sekolah dan komponen peralatan pendidikan yang sesuai bidang studi para peserta didik," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaminan Kesejahteraan

Menurutnya, Kemendikbud harus memberikan perhatian terhadap jaminan kesejahteraan guru dan beban guru. Karena banyak keluhan oleh guru tentang syarat administratif. Sehingga membuat guru tidak fokus mengajar.

"Oleh karena itu momentum penggantian metode evaluasi proses belajar bagi peserta didik ini harus diikuti dengan penyesuaian dan peningkatan kompetensi guru, peningkatan kesejahteraan guru sesuai beban kerja dan penyediaan sarana prasarana pendidikan yang mendukung kompetensi pendidikan," kata Andreas.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.