Sukses

Skema Hunian DP Rp 0 Akan Dikaji Lagi untuk Permudah Warga Jakarta

Hunian pertama DP Rp 0 telah selesai dibangun di Pondok Kepala pada Agustus 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membangun hunian dengan uang muka atau Down Payment (DP) Rp 0 tahap kedua di Cilangkap, Jakarta Timur. Hunian pertama DP Rp 0 telah selesai dibangun di Pondok Kepala pada Agustus 2019.

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, sejak program hunian DP Rp 0, sudah ada 1.458 formulir yang mengajukan kredit. Dari jumlah itu, sebanyak 225 pemohon disetujui mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

"Kemudian 125 (pemohon) sudah akad KPR, 85 sudah pindah (menempati hunian)," kata Dzikran, Jakarta, Kamis (12/12).

Ia mengakui jumlah tersebut masih sangat kecil. Namun, Dzkiran mengatakan ada sejumlah kendala masih banyak pemohon belum menempati hunian. Satu alasan kebanyakan pemohon KPR karena terkendala sistem zonasi sekolah.

Selain itu, kata Dzikran, data bantuan pemerintah tercatat di domisili tempat pemohon KPR tinggal.

"Setelah kita tanya apa isunya macam-macam ada yang mereka kemarin bilang enggak punya uang pindah, ada juga yang masalah sekolah, sebagian besar itu ada zonasi. Belum nanti data bantuannya," ujarnya.

Untuk itu, kata Dzikran, pihaknya masih terus mengkaji dan melakukan revisi persyaratan pengajuan KPR hunian DP Rp 0 untuk memudahkan fasilitas hunian bagi masyarakat Jakarta.

"Kita lihat skemanya secara keuangan, itu lagi digodok skema keuangan seperti apa lagi yang bisa lebih mudah lagi bagi mereka," tandasnya.

Dzikran juga menuturkan, selama ini banyak pemohon belum disetujui pengajuan KPR karena masih adanya cicilan kendaraan bermotor, yaitu umumnya roda dua. Adapula masih ada cicilan kredit online.

Sementara itu Sarana Jaya sebagai pelaksana pembangunan hunian Nuansa Cilangkap akan membangun empat tower di atas lahan seluas 2,9 hektare. Tiap towernya direncanakan terisi 850 unit kamar dengan tipe studio dan dua kamar tidur.

Nuansa Cilangkap juga terdapat fasilitas transportasi umum seperti Trans Jakarta, dan angkutan umum terintegrasi Jak Lingko.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Baswedan Hadiri Groundbreaking

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara groundbreaking hunian DP Rp 0, Nuansa Cilangkap, Cilangkap, Jakarta Timur. Acara seremonial itu dihadiri dua anggota DPRD DKI Abrurrahman Suhaimi dan Zita Anjani.

Pantauan merdeka.com, Anies tiba di lokasi acara pukul 07.50 WIB. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tiba dengan menggunakan sepeda.

Anies bersepeda dimulai dari kantor Kecamatan Cipayung, hanya berjarak 1,7 kilometer untuk sampai di lokasi hunian Nuansa Cilangkap.

Tidak hanya Anies, Wakil Ketua DPRD Zita turut bersepeda. Beriringan dengan Anies. Namun ia sempat tertinggal karena kepeleset.

"Enggak sakit sih pak, tapi enggak nahan malunya," seloroh Zita kepada Anies Baswedan sembari tertawa, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.