Sukses

Sandiaga Uno Sebut Ibu-Ibu Jadi Kekuatan Ekonomi Keluarga

Emak-emak diyakini tak hanya bisa belanja, tapi juga mampu membuka usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ibu-ibu merupakan kekuataan ekonomi bagi keluarga. Hal itu lantaran kaum emak-emak bukan hanya bisa berbelanja, melainkan juga bisa menghasilkan pendapatan melalui usaha.

"Kekuatan ekonomi keluarga itu adanya di ibu-ibu, karena belanja ibu-ibu yang belanja, penghasilan ibu-ibu juga bisa menghasilkan kalau punya produk-produk UMKM, Kuliner, kecantikan, fashion dan lain sebagainya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Sandiaga optimistis melalui penguatan ekonomi umat, masyarakat nantinya bisa lebih mandiri. "Perlambatan ekonomi yang mulai terasa ini bisa kita lalui, mudah-mudahan dua atau tiga tahun ke dapan kita bisa mandiri dari segi pertumbuhan bangsa ke depan," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menilai, emak-emak mempunyai pasar yang sangat kuat. Terlebih, mereka mempunyai suatu perkumpulan atau majelis taklim yang bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk silaturahim saja.

"Paling tidak, apa yang dikonsumsi sehari-hari bisa diproduksi dari segi pangan, dari lingkungannya sendiri di majelis taklimnya, bagaimana busana yang dipakainya bisa beli dari produk-produk anak bangsa, kekuatan majelis taklim ini kan silaturahim. Silaturahim kuat ini mereka bisa jejaring sampai majelis ini punya jejaringan yang kuat, ini bisa jadi pasar yang kuat juga," kata Sandiaga.

Selain perkumpulan, emak-emak juga bisa memanfaatkan perkembangan digital seperti berjualan online melalui media sosial.

"Digital ini dapat kita gunakan untuk hal-hal yang sangat positif ya. Kalau misalnya digital ini hanya digunakan medsos untuk hal-hal yang tidak produktif, akan disayangkan. Justru digital ekonomi, revolusi industri 4.0 ini kesempatan ibu-ibu," tutur Sandiaga.

"Kalau dulu mereka susah masang iklan di media untuk produknya. Sekarang mereka melalui sosmed bisa mengiklankan produk-produknya kepada komunitasnya sendri. Ini menurut saya malah dapat menjadi peluang kita gunakan digitalisasi sebagai langkah mereka meningkatkan pelaporan keuangannya," sambungnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Lapangan Kerja

Apabila emak-emak dapat meningkatkan skala usahanya dan kemandirian ekonominya juga meningkat, Sandiaga yakin mereka dapat membuka lapangan kerja lebih luas lagi.

"Kemapuan kita bukan hanya sebagai konsumtif, tapi juga menjadi bagian masyarakat yang produktif. Saya yakin juga di balik suatu kesulitan Allah akan memberikan banyak kemudahan. Kalau kita alami kesulitan kita berprasangka baik saja pada Allah," ucapnya.

Sandiaga berpesan, kehidupan seperti roda yang sedang berputar. "Kalau kita di bawah harus barsabar, sebentar lagi akan ada di atas. Kalau di atas kita jangan jumawa, tapi bersyukur," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.