Tak Cuma Padamkan Api, Ini Tugas-Tugas Lain dari Petugas Damkar

Oleh Maria Flora pada 11 Des 2019, 15:48 WIB
Diperbarui 11 Des 2019, 15:48 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dengan alat pemecah batu, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bogor membongkar keramik makam di Kampung Sawah, Cibinong. Bukan untuk memindahkan jasad yang terkubur, tapi evakuasi puluhan butir telor ular kobra yang ada di bawah makam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (11/12/2019), evakuasi telor ular atau bahkan menangkap ular beracun yang berbahaya, jelas bukan tugas utama pasukan branwir.

Selain mencegah dan memadamkan kebakaran, tugas pokok damkar adalah menyelamatkan korban baik kebakaran maupun bencana lain.

Tapi dalam kenyataannya, mereka memang juga dilatih melakukan tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran.

Salah satunya, mengevakuasi seekor anak kucing yang tercebur ke sumur sedalam 15 meter di Bogor ini. Bahkan mereka harus berjibaku selama dua jam lebih untuk menyelamatkan anak kucing malang itu.

Mencegah bahaya yang bisa mengancam nyawa juga dilakukan. Lengkap dengan baju anti api dan masker oksigen, petugas harus naik ke tempat tinggi untuk memindahkan sarang tawon vespa. Karena jika tersengat tawon jenis ini, bisa mengakibatkan kematian. 

Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur bahkan berupaya menenangkan siswi kelas 1 SD yang sedang kesakitan karena sebuah cincin tersangkut di jarinya. Petugas pun berhasil memotong cincin tanpa sedikitpun melukai jari sang bocah.

Tentu bukan cuma itu saja sederet aksi kepahlawan pemadam kebakaran. Tak salah memang, jika mereka juga bisa dijuluki sang pahlawan tanpa tanda jasa.