Sukses

Yuk, Datang ke Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan

Dalam rangka memeriahkan Hut Kota Tarakan ke-22, Pemerintah Kota Tarakan menggelar Festival Iraw Tengkayu

Liputan6.com, Tarakan Dalam rangka memeriahkan Hut Kota Tarakan ke-22, Pemerintah Kota Tarakan menggelar Festival Iraw Tengkayu. Acara yang bakal di adakan selama dua hari ini (21-22 Desember 2019) merupakan festival budaya dengan puncaknya pelarungan perahu yang disebut Padaw Tuju Dulung ke lautan.

“Kami ingin mengajak wisatawan baik dalam dan luar negeri untuk datang ke festival ini. Event ini merupakan perpaduan budaya dan atraksi yang menarik dengan puncak acara sebagai simbol rasa bersyukur masyarakat kepada Tuhan,” ujar Wali Kota Tarakan, Khairul.

Dilansir Merdeka.com, Pesta adat Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghanyutkan sesaji ke laut dan diisi dengan berbagai macam perlombaan. Kegiatan ini digelar dua tahun sekali bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tarakan.

Istilah Iraw Tengkayu sendiri memiliki dua arti yaitu Iraw sebagai perayaan sementara Tengkayu ialah pulau kecil di tengah laut yakni pulau Tarakan. Upacara yang dilakukan masyarakat adat Tidung sudah berlangsung turun temurun. Nantinya, inti kegiatan akan diisi ritual Parade Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan melepaskan perahu berisi makanan atau pakan ke laut.

Sebelum dilepas ke laut, perahu bercorak tiga warna kuning, hijau dan merah akan diarak keliling kota. Setiap warna memiliki makna masing-masing, salah satunya kuning yang melambangkan kehormatan atau sesuatu yang diagungkan.Karenanya, warna di tempatkan paling atas dari Padaw Tuju Dulung. Di perahu ini ada satu tiang tertinggi yang mengartikan bahwa penguasa tertinggi alam semesta adalah Allah SWT.

Tak hanya itu, Padaw Tuju Dulung juga memiliki 5 tiang yang melambangkan shalat lima waktu untuk umat Islam dalam kesehariannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini