Megawati: Pancasila Sudah Dihargai di  Seluruh Dunia

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 09 Des 2019, 23:24 WIB
Diperbarui 11 Des 2019, 22:13 WIB
Megawati Soekarnoputri mengenakan baju batik

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta pihak-pihak yang masih mempermasalahkan konsep Pancasiladengan khilafah untuk hadir ke DPR.

"Tak usah main di jalanan, merusak kepentingan umum dan sebagainya. Datang ke DPR, berbicara apa yang kamu maksud dengan konsep itu," kata Megawati di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Timur, Senin, (9/12/2019).

Dia meminta ke DPR agar pihak-pihak yang masih ingin konsep khilafah diterapkan, bisa membandingkannya dengan Pancasila. Pasalnya, Pancasila sudah dihargai di seluruh dunia.

"Kita yang sudah sangat dihargai bukan hanya di Indonesia saja, tetapi banyak negara-negara di luar Indonesia mengakui, mengapa Indonesia bisa mempunyai sebuah ideologi yang begitu mantap, yang sebenarnya menjaga kedamaian dengan penuh kasih sayang, toleransi, meskipun keberagamannya begitu besar," jelas Megawati.

Dia pun sempat menyindir pihak-pihak yang masih ingin menggantikan Pancasila dengan ideologi lain, yang menurutnya sudah membawa kesejukan di Indonesia ini.

"Untuk apa hidup di Indonesia ini? Jangan rusak Indonesia, tolong, pergilah kalian," ungkap Megawati.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini juga melihat apa yang terjadi di Timur Tengah. Di mana banyak negara-negara berperang dengan kelompok yang ingin mendirikan negara khilafah.

"Suriah, Iran, Libya, Mesir, apalagi, perang sampai hari ini. Sama siapa? sama mereka yang ingin membangun negara yang katanya, namanya khilafah," pungkas Megawati.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓