5 Tahun Tak Kunjung Berangkat, Puluhan Calon Jemaah Haji Datangi Biro Perjalanan di Bekasi

5 Tahun Tak Kunjung Berangkat, Puluhan Calon Jemaah Haji Datangi Biro Perjalanan di Bekasi

Dengan membawa beragam poster berisi kecaman, puluhan calon jemaah haji mendatangi kantor biro perjalanan haji PT Bengkel Rohani di perkantoran Kalimas, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (8/12/2019), mereka kesal sudah membayar 20 juta sesuai paket investasi haji murah yang ditawarkan, namun sudah lima tahun menunggu belum juga diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Setelah 5 tahun menunggu dan investasi, sampai hari ini kami belum diberangkatkan juga sesuai dengan janjinya," kata calon jemaah haji Jajang Rahmat.

Selain tergiur dengan promosi biaya haji murah, para korban diiming-imingi jika perjalanan mereka ke Tanah Suci tidak membutuhkan jalur resmi pemerintah Indonesia. Karena pemilik biro yaitu Abu Aqila mengaku memiliki kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi.

"Haji ini bebas riba, karena haji ini di luar kuota yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi ini haji bukan dengan visa haji kementerian agama. Bahkan yang membuat korban tergiur adalah PT Bengkel Rohani itu punya hubungan khusus dengan raja Arab Saudi," ucap kuasa hukum calon jemaah haji, Ayi Nurdin.

Calon jemaah berharap agar uang mereka dikembalikan dan meminta polisi agar Abu Aqila ditahan karena statusnya sudah menjadi tersangka penipuan.

Sejauh ini total korban jemaah calon haji PT Bengkel Rohani ini ada ratusan orang dengan kerugian mencapai dua miliar lebih.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 09 December 2019, 09:02 WIB

Video Terkait

Spotlights