Sukses

Gelar Gerak Jalan, IKA UNDIP Kampanyekan Hidup Sehat dengan Konsumsi Ikan

Alumni UNDIP berkewajiban membantu sosialisasi hidup sehat ke tengah masyarakat yang di antaranya dengan makan ikan.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) DKI Jakarta bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan acara Ayo Jalan Sehat, Ayo Makan Ikan. Kegiatan ini berlangsung di Monas, Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Jalan sehat ini diikuti kurang lebih 2.000 peserta yang terdiri dari Alumni Universitas Diponegoro, pegawai Kementrian KKP dan juga masyarakat umum.

Ketua IKA UNDIP DKI Noor Rachmad menjelaskan tema makan ikan dan jalan sehat sekaligus jarang diselenggarakan. Menurutnya alumni UNDIP berkewajiban membantu sosialisasi hidup sehat ke tengah masyarakat yang di antaranya dengan makan ikan.

“Kami ingin gaya hidup sehat bisa disosialisasikan dengan fun. Selain jalan sehat dan makan ikan, masyrakat juga berkesempatan mendapatkan beberapa hadiah menarik. Harapannya, pesan hidup sehat bisa terus diterima dan diteruskan masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” jelas dia.

Pria pensiunan Jampidum Kejaksaan Agung ini menambahkan, alumni UNDIP ke depan akan berusaha lebih banyak menjadi solusi bagi masyarakat di Tanah Air dengan berbagai cara. Jalan sehat kali ini diharapkan bisa menjadi awal kontribusi untuk masyarakat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rendah Konsumsi Ikan

Sementara itu Ketua Panitia Jalan Sehat Sri Purwanto menjelaskan, masyarakat sangat antusias mengikuti acara jalan sejat dan makan ikan. Menurutnya, masyarakat bisa diajak langsung mensosialisasikan gaya hidup sehat seperti ini.

"Masyarakat kita beberapa tahun terakhir meningkat pengidap diabetesnya, karena itu sangat pas sekali jalan sehat dan makan ikan menjadi tren hidup di masyarakat perkotaan,” jelas pria yang juga Direktur Keuangan DAMRI ini.

Indonesia sebagai negara maritim memang terhitung masih rendah konsumsi ikannya. Konsumsi ikan masyarakat Tanah Air diharapkan menjadi salah satu faktor untuk mengurangi angka stunting di Indonesia yang masih tinggi.

Konsumsi ikan per tahun Indonesia terus meningkat. Di 2018 mencapai 50,69 kg/ tahun dan diperkirakan pada akhir 2019 meningkat di angka 54,49 kg/ tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.